Puteri Ubolratana Tersingkir dari Bursa Calon Perdana Menteri Thailand

24
Puteri Ubolratana Rajakanya. (Int)

SULSELSATU.com, THAILAND – Kakak perempuan Raja Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn, Puteri Ubolratana, kemungkinan besar gagal mencalonkan diri sebagai perdana menteri.

Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum Thailand mendiskualifikasi Puteri Ubolratana, dari bursa calon perdana menteri Negeri Gajah Putih tersebut.

Komisi tersebut pada hari ini (Senin, 11/2) merilis daftar resmi kandidat partai untuk perdana menteri tanpa nama Putri Ubolratana di dalamnya.

Seperti dilansir RMOL dari Channel News Asia, daftar itu mengecualikan Puteri Ubolratana karena setiap anggota keluarga kerajaan datang dalam penerapan aturan yang sama yang mengharuskan raja berada di atas politik dan netral secara politik.

Sebelumnya, sang puteri mencuri perhatian karena menerima tawaran untuk maju sebagai calon perdana mentri Thailad dari Partai Raksa Chart, sebuah gerakan populis yang diambil dari para pendukung mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra yang digulingkan.

Pemilu sendiri dijadwalkan akan digelar pada 24 Maret mendatang dan merupakan pemilu yang pertama sejak kudeta militer 2014 menggulingkan pemerintah pro-Thaksin.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga