Dirjen Politik dan Pemerintahan Kemendagri Gelar FGD di Makassar

32

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal (Dirjen) politik dan pemerintahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menggelar kegiatan Forum Grup Diskusi (FGD) di Hotel Gammara, Makassar, Senin (11/2/2019).

Hadir langsung Dirjen politik dan pemerintahan Soedarmo, Ketua KPU Sulsel Misna M Attas, Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi, pimpinan Kesbangpol Sulsel dan Makassar dan stakholder lainnya.

Dalam sambutannya, Soedarmo mengatakan, pada pengukuran Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Tahun 2016, Skor IDI Sulsel yaitu sebesar 68,53 poin, selanjutnya mengalami kenaikan skor IDI sebesar 2,26 poin sehingga menjadi 70,79 pada Tahun 2017.

“Meskipun mengalami kenaikan, namun Skor IDI Provinsi Sulsel pada tahun 2017 masih berada sepuluh provinsi dengan capaian IDI terendah,” ungkap Soedarmo.

Lebih lanjut, Soedarmo menjelaskan upaya memperbaiki kualitas pelaksanaan Pemilu merupakan bagian dari proses penguatan demokrasi serta upaya mewujudkan tata pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Sehingga dengan demikian, proses demokratisasi dapat tetap berlangsung melalui Pemilu yang lebih berkualitas dan pada saat yang bersamaan proses demokratisasi berjalan dengan baik, terkelola, dan terlembaga,” ujarnya.

Pada tahun 2019 ini Soedarmo berharap Pemilu nanti dapat dilaksanakan sesuai asas Pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta dapat menghasilkan para pemimpin dan wakil rakyat yang dapat memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Hal ini akan dapat tercapai, apabila seluruh komponen bangsa saling bahu-membahu mendukung pelaksanaan Pemilu dengan didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan penghormatan hak-hak politik setiap warga negara,” tutup dia.

Penulis: Asrul
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Ungguli Akbar Faisal di Maros, Tim Optimis SYL ke Senayan

SULSELSATU.com, MAROS - Ketua Tim Syahrul Yasin Limpo (SYL)...

Amran Hadiri Pengundian BRI Simpedes Cabang Sengkang

SULSELSATU.com, SENGKANG - Wakil Bupati Wajo Amran menghadiri pengundian...

50 Peserta Sukseskan Milad 11 KSR Markas Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Lahir KSR Markas Kota...

Baca Juga