Disdukcapil Makassar Segera Berlakukan Tanda Tangan Elektronik

29
Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar melayani warga yang mengurus dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil, Jalan Teduh Bersinar, Makassar, Senin (7/1/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar dalam waktu dekat bakal menerapkan sistem tanda tangan elektronik.

Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady mengatakan pihaknya telah membahas penerapan sistem ini bersama Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

“Tanda tangan elektronik itu sudah diberlakukan. Insyaallah Makassar dalam waktu dekat juga akan melaksanakan itu sehingga meskipun saya tidak ada di kantor, tetapi saya bisa menandatangani dokumen dalam bentuk elektronik,” kata Aryati, Senin, (11/2/2019).

Dia menjelaskan, jika sebelumnya dokumen harus dicetak terlebih dahulu kemudian ditandatangani, maka dengan sistem tanda tangan elektronik dokumen bisa ditandatangani terlebih dahulu setelah itu langsung dicetak.

“Saya kira bisa mempersingkat jangka waktu pengurusan. Karena kan kalau bisasanya dokumen ditandatangani secara basah berarti saya harus ada di kantor setiap hari. Kalau ini diterapkan maka bisa langsung ditandatangani dimana saja,” jelasnya.

Menurut Aryati, penerapan tanda tangan elektronik ini nantinya juga sebagai bentuk dukungan terhadap konsep yang digagas Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yakni Makassar Kota Dunia untuk memudahkan masyarakat secara elektronik sekaligus 4.0 Dukcapil go digital.

Meski begitu, Aryati belum bisa memastikan kapan waktu yang tepat untuk menerapkan sistem tersebut.

“Saya tidak bisa menjanjikan tapi saya usahakan secepatnya. Mudah-mudahan bisa kita realisasikan bulan ini,” tandasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sematkan Rompi Linmas dan ID Card Pemantau TPS, Ini Pesan Taufan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe,...

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Apel Masa Tenang Pemilu Bersama TNI-Polri

SULSELSATU.com, SINJAI - TNI Polri Kabupaten Sinjai menggelar apel...

197 CPNS di Parepare Terima SK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekitar 197 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Baca Juga