Hasil Fit Calon Komisioner KPU Jeneponto Telah Dikirim ke Jakarta

31

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel telah mengirim hasil fit and propert test calon komisioner KPU Jeneponto ke KPU RI.

Kepala Bagian SDM KPU Sulsel, Ismail Masse mengatakan, pasca dilakukan fit and propert test, maka hasilnya langaung dikirim.

“Jadi tadi langsung dikirim hasilnya. Kemungkinan tanggal 13 (Februari) sudah ada hasil. Tanggal 14, yang terpilih sudah ke Jakarta, karena 15 Februari itu sudah dilantik,” ujar Ismail, Senin (11/2/2019).

Sementara itu, Komisioner KPU Sulsel yang melakukan tes mengatakan, 10 calon komisioner itu menjalani test dengan waktu yang variatif, rata-rata 30 menit perorangnya. Paling lama 1 jam.

“Ada yang 1 jam, ada yang hampir 1 jam. Mungkin karena kurang peserta jadi lama-lama. Biasanya kita merasa perlu pendalaman. Kalau jawabannya butuh penjelasan lagi dan (jawabannya) belum jelas,” ujar mantan Ketua KPU Takalar itu.

Selama test itu, penguji kata Faisal juga melakukan klarifikasi terhadap tanggapan-tanggapan masyarakat yang pernah diterima oleh Tim Seleksi calon Komisioner KPU Jeneponto. Begitupun, tanggapan masyarakat yang baru masuk.

Menurut Faisal, standar pengujian terhadap calon komisioner ditentukan oleh KPU RI. Pertanyaan yang ditanyakan, kata Faisal, berdasar pada standar tersebut. Baik itu pertanyaan untuk menggali integritas, hingga menggali pengetahuan kepemiluan para peserta.

Mereka yang menjadi calon komisioner KPU Jeneponto adalah Abdul Salam, Akhmad Amiruddin Said, Baharudin Hafid, Safaruddin, Azhari, Ekawaty Dewi, Ilham Majid, Muhammad Alwi, Mustari M, dan Sapriadi.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga