DPRD Gowa Usulkan Ranperda Pengendalian Lalu Lintas dan ASI Ekslusif

48
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri rapat paripurna DPRD. (ist)

SULSELSATU.com, GOWA – DPRD Gowa mengusulkan dua Ranperda inisiatif tentang pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan serta pemberian air susu ibu ekslusif (ASI Ekslusif).

Anggota DPRD Gowa, Nur Ilahi mengatakan, tujuan diajukannya Ranperda ini untuk mewujudkan pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib, dan lancar.

“Lalu lintas memiliki peran yang sangat startegis khususnya dalam mendukung pembangunan dan memajukan kesejahteraan di Kabupaten Gowa. Tak hanya itu, etika dalam berlalulintas juga sangat dibutuhkan, sehingga kemudian Ranperda tentang lalu lintas ini diusulkan agar masyarakat mendapat kepastian hukum,” kata Nur dalam rapat paripurna yang digelar Senin (11/2/2019).

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan Ranperda ASI eksklusif. Menurutnya, tujuan utama Ranperda ini agar mampu menjamin pemenuhan hak bayi untuk mendapat ASI eksklusif hingga umur 6 bulan.

Menanggapi usulan tersebut, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku, akan mengkaji lebih lanjut. Pasalnya, Ranperda ini berhubungan dengan pengaturan kendaraan tambang atau truk 10 roda di Kabupaten Gowa.

“Sangat baik karena ini akan menjadi payung hukum terkait pelarangan truk 10 roda dan truk dengan daya tampung di atas 8 tonage yang tidak boleh melewati jalan kabupaten, kecuali memiliki izin. Sehingga perda ini, siapapun yang melanggar akan dikenakan sanksi dengan kurungan penjara 1 bulan dan denda,” katanya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Hendra Wijaya

 

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga