Dirnarkoba Polda Sulsel Kecewa Berat Kijang Divonis Bebas

34
Dirnarkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan. (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dirnarkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan turut mengatensi pemberitaan media massa atas putusan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Makassar yang telah menjatuhkan vonis bebas terhadap terdakwa kasus 3,4 kilogram narkoba jenis sabu, Syamsul Rijal alias Rijal alias Kijang bin Abdul Hamid.

Meski vonis bebas itu keluar pada 8 Januari 2019 lalu, namun Hermawan mengaku baru mengetahui putusan tersebut.

“Baru tahu. Tetapi JPU pasti kasasi terhadap putusan tersebut,” ujar Hermawan saat ditemui di Mapolrestabes Makassar, Selasa (12/2/2019).

“Pastilah (kecewa). Artinya ini kan jelas jaringan yah, kalau disuruh mengaku semua jaringan nda mungkin mengakulah. Tapi dari awal semua ada kok buktinya,” imbuh dia.

Hermawan pun mengaku pihaknya telah memproses hukum sesuai prosedur terhadap Kijang yang merupakan bandar asal Kabupaten Pinrang itu.

“Pada saat ditangkap, langsung dilakukan gelar perkara yang dihadiri oleh Propam, Paminal, Bidkum, dari unsur lain lah. Jadi bukan kami Direktorat sendiri yang menilai, bahwa bisa dilanjutkan perkara ini sesuai peraturan Kapolri,” ujarnya.

“Kemudian boleh lanjut penahananya, ditetapkan tersangka dan dilanjutkan berkasnya, alhamdulillah lengkap berkasnya (P21),” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kijang divonis bebas di Pengadilan Negeri Makassar pada 8 Januari 2019 lalu atas kasus 3,4 kilogram sabu yang menjeratnya.

Seperti diketahui, Kijang adalah bandar yang buron sejak 2016 silam hingga berhasil dibekuk aparat narkoba Polda Sulsel di Pulau Sungai Nyamuk, Desa Bambanga, Kecamatan Sabati, Nunukan, Kalimantan Utara pada 20 Mei 2018 lalu.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sematkan Rompi Linmas dan ID Card Pemantau TPS, Ini Pesan Taufan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe,...

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Apel Masa Tenang Pemilu Bersama TNI-Polri

SULSELSATU.com, SINJAI - TNI Polri Kabupaten Sinjai menggelar apel...

197 CPNS di Parepare Terima SK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekitar 197 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Baca Juga