Cegah DBD, Kecamatan Mariso Bentuk Satgas Swakelola

9
Camat Mariso, Juliaman (kiri) saat menjadi pembicara dalam kegiatan Coffee Morning Pemkot Makassar, di Celebes Cafe, Selasa, (12/2/2019). (Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pejabat di Kecamatan Mariso membentuk satuan tugas (Satgas) untuk menelusuri keberadaan sarang nyamuk Aedes Aegyti yang menularkan virus dengue penyebab Demam Berdarah (DBD).

Camat Mariso, Juliaman, menuturkan setiap hari Satgas ini akan melakukan penyusuran di titik-titik yang dianggap sebagai daerah rawan perkembanganbiakan jentik nyamuk Aedes Aegypti.

“Di Kecamatan Mariso dibentuk satgas swakelola sebanyak 6 orang untuk mekakukan penyisisran setiap hari di masing-masing wilayah untuk melakukan. pembersihan di titik-titik mana yang dirasa perlu,” kata Juliaman saat menjadi pembicara dalam kegiatan Coffee Morning Pemkot Makassar, di Celebes Cafe, Selasa, (12/2/2019).

Menurut Juliaman, Kecamatan Mariso termasuk salah satu titik di mana ada banyak pemukiman kumuh. Hingga akhir Januari lalu, tercatat sudah ada 3 kasus DBD yang dilaporkan ke puskesmas.

Berbagai upaya pun mulai dilakukan sebagai langkah pencegahan agar jumlah warga yang terjangkir DBD tidak bertambah, yakni mulai dari fogging massal, melakukan penutupan drainase, hingga pembentukan satgas swakelola tersebut. Maka dari itu, dengan berbagai upaya yang dilakukan pihak kecamatan, ia juga meminta kerja sama masyarakat setempat untuk tetap rajin menjaga kebersihan.

“Masyarakat kita masih banyak yang kurang memahami kebersihan. Harapan kami, warga bisa menjaga kebersihan wilayah dan menjadi pelopor di wilayahnya masing-masing-masing,” ujarnya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga