Dinkes Makassar Imbau Warga Juga Aktif Berantas Nyamuk DBD

101
Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Makassar, Andi Mariani dalam Coffee Morning Pemkot Makassar yang digelar di Cafe Celebes. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Makassar, Andi Mariani mengimbau warga Makassar untuk maksimal dalam pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah pemukimannya masing-masing.

“Masalah utamanya adalah pancaroba. Di situ memang masa di mana nyamuk Aedes Aegypti ini bertumbuh dan berkembang biak lebih cepat dari yang lain,” kata Mariani dalam Coffee Morning Pemkot Makassar yang digelar di Cafe Celebes, Selasa (12/2/2019).

Dia meminta warga berperan aktif dengan meningkatkan kewaspadaan dini, misalnya tidak mengabaikan gejala-gejala awal seperti demam.

“Lebih baik waspada di awal daripada kecolongan. Kadang-kadang masyarakat langsung minta di-fogging padahal sebetulnya fogging itu prioritas nomor 4,” katanya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menerapkan 4 M untuk memberantas sarang nyamuk sebagai upaya pencegahan, yaitu menutup penampungan air, menguras bak air, mendaur ulang sampah, dan memantau jentik.

“Jadi, jangan setengah-setengah memberantas sarang nyamuk. Bukan cuma pemerintah, tapi masyarakat juga harus aktif,” tandasnya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Gubernur Sulsel Minta Warga ke TPS dan Tidak Percayai Hoaks

SULSELSATU.com, SOPPENG - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA)...

Wakil Bupati Wajo Hadiri Tudang Sipulung All Bikers

SULSELSATU.com - Kasat Lantas Kabupaten Wajo beserta dengan Wajo...

Pemda Selayar Minta PLN UP3 Bulukumba Penuhi Layanan Listrik 24 Jam di Pulau Pasi Gusung

SULSELSATU.com, SELAYAR - Pemda Kepulauan Selayar mengharapkan dukungan optimal...

Baca Juga