Bawaslu Sinjai Siap Usut Dugaan Kampanye Caleg PAN di Kampus STIPM

115
Ketua Bawaslu Sinjai Muhammad Rusmin. (Ist)

SULSELSATU.com, SINJAI – Terkait dugaan kampanye yang dilakukan oleh salah satu calon legislatif (Caleg) DPR RI di Kampus STIPM mendapat komentar dari Ketua Bawaslu Sinjai, Andi Muhammad Rusmin, Selasa (12/2/2019).

Rusmin mengatakan, bahwa karena masalah ini terkait internal kampus tentu hal yang wajar jika mahasiswa protes, karena pada prinsipnya bahwa pendidikan politik itu penting, akan tetapi jika itu dimanfaatkan untuk kegiatan kampanye tentu bisa saja ada dugaan pelanggaran pemilu.

“Tinggal kita perlu mendalami permasalahan ini, dari sisi unsur pelanggaran dalam hal kampanye. Sebagaimana definisi kampanye yang diatur dalam ketentuan perudang undangan,” ujarnya.

Menurut Rusmin, karena dalam larangan kampanye itu dilarang menggunakan fasilitas pendidikan. Intinya pihak kampus juga harus memahami bahwa dalam melakukan kegiatan di kampus yang menghadirkan tokoh politik harus memahami ketentuan yang ada, apa lagi sekarang momentumnya jelang pemilu sekalipun itu kampus swasta yang memiliki kewenangan sendiri.

“Kami di Bawaslu siap menindak lanjuti jika mahasiswa di kampus yang bersangkutan mau melaporkan jika kegiatan itu diduga sudah mengandung kegiatan kampanye, dan kami pun akan melakukan investigasi,” ungkapnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga