Menkominfo Ancam Tutup Instagram, Ini Penyebabnya

22
Rudiantara (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengancam akan memblokir Instagram di Indonesia. Peringatan ini diberikan menyusul konten komik muslim gay yang dibagikan oleh akun @alpantuni beberapa hari lalu.

Rudiantara mengaku telah memberikan surat peringatan kepada Instagram terkait hal itu. Kominfo juga meminta Instagram menutup akun tersebut.

Akun @alpantuni memuat konten yang cukup menuai perdebatan. Deskripsi akun itu tertulis ‘Gay Muslim Comics’ dan memuat konten cerita komik tentang seorang muslim yang gay.

“Sudah beberapa hari yang lalu surat dilayangkan,” kata Rudiantara, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Selasa (12/1/2019).

Rudiantara mengatakan pihaknya juga sudah meminta instagram menutup akun tersebut. Namun hingga saat ini belum ada respons dari Instagram.

Ia menambahkan jika tanggapan dari Instagram tidak kunjung datang maka tindakan tegas akan dilakukan. Bahkan, lanjutnya, penutupan media sosial tersebut bisa saja dilakukan.

“Kami sedang berproses terus dengan Instagram,” ujar Rudiantara.

“Sekarang mau ngapain kalau IG-nya bandel? Kita sudah transparan, mau ditutup?” tambahnya.

Ia juga turut menyampaikan kepada Instagram untuk tidak mengacuhkan peringatan dari pemerintah. Kata Rudiantara, pemerintah menyatakan apa yang dipikirkan rakyat. Oleh karena itu ia meminta Instagram mengikuti imbauan tersebut.

“Kalau boleh saya minta tolong, instagram ikuti permintaan kominfo, karena ini permintaan rakyat,” ucapnya.

Sampai saat ini pemilik akun @alpantuni belum diketahui. Di dalam komik itu diceritakan seorang pria bernama Alpantuni. Ia merupakan seorang yang taat beribadah. Namun menurut cerita tersebut, pria ini gay.

Akun ini pertama kali mengunggah kontennya pada 4 September 2018. Sampai saat ini, sudah terdapat 11 komik yang menceritakan kehidupan seorang muslim gay tersebut.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga