Menhub Maklumi Harga Tiket Pesawat Naik, Asal 15 Persen Saja

22
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Sulselsatu/Moh. Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaklumi kebijakan maskapai yang menaikkan harga tiket pesawat. Hanya saja, ia meminta agar maskapai penerbangan untuk tidak terlalu tinggi menaikkan tarif tiket pesawat.

Budi beralasan, kenaikan harga tiket pesawat yang melonjak drastis bisa mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan domestik dan pendapatan pelaku usaha kecil dan mikro (UKM).

“Tarif tiket naik karena memang disebabkan oleh harga avtur. Kalau pun mesti naik, ya hanya 10 persen hingga 15 persen saja,” kata Budi, seperti dilansir CNNIndonesia, Rabu (13/2/2019).

Budi mengimbau agar maskapai memberikan tarif yang lebih rendah. Sebagai regulator, ia berujar, pemerintah tidak bisa melakukan intervensi karena tarif tiket merupakan kewenangan dari perusahaan itu sendiri.

“Presiden pun sudah turun tangan untuk ini. Dua opsi untuk Pertamina, presiden mendatangkan kompetitor Pertamina, atau Pertamina memberikan harga avtur yang baik bagi maskapai. Nanti presiden akan memanggil Pertamina dan maskapai untuk bahas tarif tiket. Kita tunggu saja hasilnya,” ujar Budi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo akan memanggil Pertamina terkait dugaan monopoli penjualan avtur yang menyebabkan naiknya tarif tiket.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga