Gani Sirman Dituntut 20 Tahun Penjara

157

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang kasus sanggar lorong kini telah bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Makassar dengan agenda pembacaan dakwaan terhadap dua terdakwa, yakni mantan Ketua UKM dan Koperasi Kota Makassar, Gani Sirman dan Kepala Bidang UMKM Enra Efni, Selasa (12/2/2019) kemarin. 

Dalam dakwaan Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), Gani Sirman dan Enra didakwa bersalah telah melakukan penyalahgunaan wewenang melawan hukum dengan melakukan pembayaran atas beban APBN/APBD yang seharusnya tidak boleh dilakukan sebelum barang atau jasa diterima.

Selain itu, Gani Sirman juga juga disebut tidak mematuhi etika pengadaan yang harus dipatuhi oleh seorang pengguna anggaran atau Pejabat Pembuat Komitmen maupun Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan terkait dalam pelaksanaan pengadaan barang atau jasa. 

Akibat kelalainnya itu, Gani Sirman dianggap telah merugikan negara sebesar Rp380.128.801,74

“Bahwa atas kedua metode pengadaan yang dilakukan dalam proses Pengadaan Barang Persediaan Sanggar Kerajinan Lorong Kota Makassar tahun 2016, baik yang melalui proses Pengadaan Langsung, maupun yang melalui Lelang Sederhana, telah mengakibatkan terjadinya kerugian negara sebesar Rp. 380.128.801,74 (tiga ratus delapan puluh juta seratus dua puluh delapan ratus satu ribu tujuh puluh empat sen),” ujar JPU, Rahmat di hadapan majelis hakim yang diketuai Widiarso. 

Kedua terdakwa juga disebut telah memperkaya diri sendiri sehingga didakwa melanggar pasal Pasal 2 Ayat (1) Jo. Pasal 18 Undang-undang R.I. Nomor : 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-undang R.I. Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 Ayat (1) ke- 1 KUHP. 

Pantauan sulselsatu.com di persidangan, kedua terdakwa hadir dengan didampingi M Awaluddin selaku kuasa hukum keduanya. Awaluuddin sendiri mengaku siap untuk membuka semua fakta persidangan atas kasus yang menimpa kliennya di persidangan. 

Penulis: Hermawan Mappiwali 
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Ungguli Akbar Faisal di Maros, Tim Optimis SYL ke Senayan

SULSELSATU.com, MAROS - Ketua Tim Syahrul Yasin Limpo (SYL)...

Amran Hadiri Pengundian BRI Simpedes Cabang Sengkang

SULSELSATU.com, SENGKANG - Wakil Bupati Wajo Amran menghadiri pengundian...

50 Peserta Sukseskan Milad 11 KSR Markas Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Lahir KSR Markas Kota...

Baca Juga