Jemaah Ahmadiyah dan Sunni Bentrok di Ahmadnagar Bangladesh, Ini Pemicunya

58
Ilustrasi. (int)

SULSELSATU.com, BANGLADESH – Dua kelompok yang mengatasnamakan diri Muslim terlibat bentrok di Kota Ahmadnagar, Bangladesh, Rabu (13/2/2019).

Kejadian bermula saat jemaah Ahmadiyah hendak menggelar pertemua di Kota Ahmadnagar namun tiba-tiba diserang oleh kelompok Muslim lainnya yang mengatasnamakan Sunni.

Seperti dilansir AFP dari CNNIndonesia, mereka dipisahkan oleh polisi antihuru-hara yang menggunakan gas air mata dan peluru karet.

Akibat bentrokan itu 25 orang terluka. Kepolisian setempat menyatakan kelompok Muslim Sunni sudah menggelar unjuk rasa padahal kegiatan Ahmadiyah baru digelar pekan depan.

“Sekitar 700 sampai 800 orang membawa tongkat kayu berjalan menuju Ahmadnagar dan bentrok dengan jemaah Ahmadiyah,” kata Kepala Kepolisian Ahmadnagar, Abu Akkas.

Akibat kerusuhan itu, 20 polisi dan lima anggota jemaah Ahmadiyah terluka. Juru bicara kelompok Ahmadiyah, Ahmad Tabshir Choudhury, menyatakan tujuh anggotanya luka-luka dalam kejadian itu.

Kelompok Ahmadiyah memang kerap menjadi target kekerasan di Bangladesh. Ada sekitar 100 ribu anggota Ahmadiyah di negara itu.

Pada 1999, sebuah bom meledak di masjid Ahmadiyah di Kota Khulna. Dalam kejadian itu, delapan jemaah yang sedang beribadah meninggal.

Tiga tahun lalu, sebuah ledakan bom bunuh diri terjadi di masjid Ahmadiyah di Kota Bagmara, dan melukai tiga orang.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Ungguli Akbar Faisal di Maros, Tim Optimis SYL ke Senayan

SULSELSATU.com, MAROS - Ketua Tim Syahrul Yasin Limpo (SYL)...

Amran Hadiri Pengundian BRI Simpedes Cabang Sengkang

SULSELSATU.com, SENGKANG - Wakil Bupati Wajo Amran menghadiri pengundian...

50 Peserta Sukseskan Milad 11 KSR Markas Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Lahir KSR Markas Kota...

Baca Juga