Penyelenggara Pemilu Thailand Akan Diskualifikasi Partai yang Calonkan Putri Ubolratana

15
Puteri Ubolratana Rajakanya. (Int)

SULSELSATU.com, THAILAND – Kakak Raja Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn, yakni Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi resmi didiskualifikasi dari pencalonan perdana menteri (PM) Thailand.

Bahkan, penyelenggara pemilu Thailand tengah membahas rencana diskualifikasi partai yang mencalonkan Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi sebagai PM.

Partai itu adalah Thailand Raksa Chart yang bersekutu dengan mantan perdana menteri yang digulingkan, Thaksin Shinawatra.

Partai tersebut memajukan Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi sebagai calon perdana menteri dalam pemilu 24 Maret mendatang.

Pencalonan itu memicu kehebohan, karena keluarga kerajaan secara tradisional tetap berada di luar arena politik.

Beberapa jam kemudian, Raja Maha Vajiralongkorn memperjelas penentangannya terhadap perebutan politik kakak perempuannya dan menyebutnya sebagai langkah yang tidak pantas dan tidak konstitusional.

Komisi Pemilihan Umum Thailand pun akhirnya memutuskan untuk mendiskualifikasi Putri Ubolratana dari bursa calon perdana menteri.

Komisi pemilihan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa partai Thailand Raksa Chart telah melanggar hukum pemilihan dengan mencalonkan saudara perempuan raja, yang bertentangan dengan monarki konstitusional.

“Oleh karena itu, disepakati bahwa sebuah petisi akan diajukan ke Mahkamah Konstitusi untuk mempertimbangkan pembubaran Partai Grafik Raksa Thailand,” katanya dalam sebuah pernyataan, Rabu (13/2/2019) seperti dimuat Channel News Asia.

Jika terbukti bersalah, partai itu akan dibubarkan, dan anggota dewannya akan dilarang berdiri untuk jabatan politik.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga