Alasan Polisi Belum Tetapkan Tersangka Kasus Korupsi Dana Hibah Pilwali Makassar

49
Direktur Dirkrimsus Polda Sulsel Kombes Polisi Yudhiawan Wibisono

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sulsel Kombes Polisi Yudhiawan Wibisono mengaku belum menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah Pilwali Makassar 2018 meski penangannnya telah ditingkatkan dari Penyelidikan ke Penyidikan sejak Rabu, 30 Januari 2019 lalu.

“Oh ketentuan sekarang begitu, naik penyidikan dulu, baru digelarkan untuk menentukan tersangkanya siapa,” ujarnya saat ditemui di Swiss-Belhotel Makassar, Rabu (13/2/2019) pagi.

Sejauh perkembangannya, penyidik Tipikor Dit Reskrimsus Polda Sulsel masih bergelut dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi terkait dalam kasus tersebut.

Polisi tiga bunga itu lantas mengklaim bahwa memang tidak mesti ada tersangka meski sudah penyidikan dan hal itu sudah sesuai ketentuan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

“Itu sudah ketentuan di KUHP bicara begitu. Jadi di KUHP itu, penyidikan itu adalah serangkaian tindakan penyidik untuk menemukan tersangkanya,” ujarnya.

Dia tak menampik bahwa sebelum-sebelumnya kerap terjadi peningkatan status penyidikan suatu kasus dengan langsung dibarengi penetapan tersangka.

“Jaman dulu memang sempat begitu naik sidik sudah ada tersangka. Tapi dalam perkembangan tidak pas,” ujar dia.

“Jadi belum dilaksanakan Penyidikan kok sudah ada tersangkanya, sidik dulu dong,” imbuhnya.

Diketahui, penyidik telah memeriksa enam saksi dari total 28 orang yang diagendakan. Keenam saksi yang telah dipanggil adalah empat orang pejabat Komisi Pemilihan Umum kota Makassar (KPU Makassar) serta dua saksi lainnya merupakan pegawai Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Makassar (BPKAD Pemkot Makassar).

Penulis Hermawan Mappiwali
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Ungguli Akbar Faisal di Maros, Tim Optimis SYL ke Senayan

SULSELSATU.com, MAROS - Ketua Tim Syahrul Yasin Limpo (SYL)...

Amran Hadiri Pengundian BRI Simpedes Cabang Sengkang

SULSELSATU.com, SENGKANG - Wakil Bupati Wajo Amran menghadiri pengundian...

50 Peserta Sukseskan Milad 11 KSR Markas Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Lahir KSR Markas Kota...

Baca Juga