Pemerintah Dorong Pembangunan Industri Baru di Sekitar Rel KA Trans Sulawesi

73
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menandatangani Deklarasi Makassar di Hotel The Rinra, Selasa, (12/2/2019). (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Perencana Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro mengungkapkan saat ini pemerintah telah mendorong pengembangan kawasan industri baru di sepanjang rel Kereta Api Trans Sulawesi.

Ia menjelaskan, Kereta Api Trans Sulawesi ini bukan hanya mengangkut orang saja tapi juga barang. Menurut Bambang, dengan kehadiran kereta api Makassar-Parepare, sepanjang rel ini bisa menjadi koridor baru dari daerah industri di Sulsel. 

“Jadi pengembangannya ini diarahkan sepanjang rel kereta api ini,” katanya, saat ditemui usai melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi, di Baruga Lounge, Selasa (12/2/2019)

Terkait kawasan Industri tersebut, Bambang menyebutkan saat ini pemerintah sedang berupaya mencarikan investor untuk pengembangan industri di sana.

“Ini untuk daerah yang terhubung dengan jalur Kereta Api Makassar-Parepare ini,” ujarnya. 

Bambang mengatakan, pembangunan kawasan industri dimana ini terhubung dengan jalur kereta api tentu akan menarik investor untuk pengembangan usaha mereka. Karena alat transportasi akan memudahkan ketika mengangkut barang. 

“Kalau untuk pembangunan pabrik sangat menarik, sedangkan buat Pemda ini akan menolong mereka karena akan mengurangi beban jalan,” ujarnya. 

Seperti diketahui, proyek Kereta Api Trans Sulawesi ini adalah proyek jaringan jalur kereta api di Pulau Sulawesi dan mulai dikerjakan pada tahun 2015. Untuk tahap pertama proyek ini dikerjakan dari Makassar-Parepare.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Ungguli Akbar Faisal di Maros, Tim Optimis SYL ke Senayan

SULSELSATU.com, MAROS - Ketua Tim Syahrul Yasin Limpo (SYL)...

Amran Hadiri Pengundian BRI Simpedes Cabang Sengkang

SULSELSATU.com, SENGKANG - Wakil Bupati Wajo Amran menghadiri pengundian...

50 Peserta Sukseskan Milad 11 KSR Markas Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Lahir KSR Markas Kota...

Baca Juga