Jalin Kerjasama, Mahasiswa Unifa Resmi Magang di Tiga BUMN Ini

89

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara resmi menerima enam mahasiswa Universitas Fajar (Unifa) melaksanakan magang bersertifikat, hari ini Rabu (13/2/2019).

Keenam mahasiswa ini merupakan peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMNB) untuk Gelombang I itu diterima di PT. Timah, Perumahan Nasional (Perumnas), dan PT. Angkasa Pura II.

Penerimaan mahasiswa tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Direktur Pusat Karier Unifa,  Zaryanti dengan Direktur Sumber Daya Manusia & Umum PT Timah, Muhammad Rizki dan Diektur Pertanahan, Hukum, dan SDM
Perumnas, Muchlis Abbas yang dilaksanakan di kantor PT. Timah dan Perumnas hari ini.

“Program magang ini berlangsung selama 6 bulan di BUMN dan  mendapatkan sertifikat industri dan dikhususkan untuk mahasiswa  tingkat akhir,” ucap Zaryanti.

Dia memaparkan enam orang mahasiswa masing-masing ditempatkan  di PT. Timah dua orang penempatan Kepri dan Bangka dari Teknik Mesin. Perumnas satu orang penempatan Jakarta dari Teknik Sipil.

Sedangkan Angkasa Pura II penempatan Jakarta tiga orang, satu dari Manajemen, dan dua orang dari Ilmu Komunikasi.

Deputi Rektor I Bidang Akademik dan Kerja Sama Unifa, Nur Khaerat Nur menyebutkan ini merupakan pengiriman gelombang pertama. Untuk selanjutnya, kata dia, Unifa masih menunggu kesiapan dari ratusan  BUMN yang ikut dalam program tersebut.

Pemagangan ini merupakan tindaklanjut penandanganan MoU antara Unifa dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN yang dilaksanakan di Sekretariat FHCI, Gedung Graha Merah Putih Telkom, Jakarta, Kamis 24 Januar 2019 lalu, antara Rektor Unifa, Dr Mulyadi Hamid dan Ketua Umum FHCI, Herdy R Harman.

“Dalam MoU itu, Unifa dan FHCI akan bekerja sama dalam  meningkatkan SDM dan program pemagangan mahasiswa bersertifikat  di 124 BUMN. Setelahnya, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat  magang dari BUMN dan sertifikat profesi yang nilainya tinggi sebagai  modal kerja nanti,” tutur Nur Khaerat. (*)

Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga