Terkendala Honor, Gowa Belum Buka Penerimaan PPPK

44
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, GOWA – Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) khusus untuk Kabupaten Gowa belum dibuka. Meskipun, pendaftaran PPPK telah dibuka secara nasional.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh Basir menyebutkan jika Gowa belum membuka penerimaan PPPK tersebut.

“Untuk Gowa yang belum buka PPPK karena belum ada ketentuan yang jelas dari pusat. Anggaran Pemkab Gowa terbatas, sehingga Dinas Keuangan Daerah masih akan menghitung terlebih dahulu. Nanti gajinya dari mana,” kata Basir, Rabu, (13/2/2019).

Sementara formasi PPPK yang akan dibuka nanti di Gowa mencapai 574 orang. Sebanyak 574 formasi ini terdiri dari 510 orang tenaga guru, satu orang tenaga kesehatan, dan 63 orang tenaga penyuluh pertanian.

Jumlah kuota ini, jelas Basir, memang tidak sebanding dengan jumlah honorer di Gowa. Namun, tidak bisa dipaksakan untuk ditambah, sebab kuota ini langsung dari Menpan-RB RI.

Lebih jauh, Basir merincikan, gaji untuk 574 orang formasi PPPK jika diestimasikan per orang akan menerima sebesar Rp3 juta per bulan. Secara total, Pemkab Gowa butuh sebesar Rp1,722 miliar per bulan, dan sebesar Rp20,664 miliar untuk per tahunnya.

“Kita mau ambil dimana, sementara APBD 2019 sudah terbagi-bagi sesuai peruntukkannya. Makanya, Pemkab Gowa belum berani membuka penerimaan PPPK jika belum ada kejelasan anggaran dari pusat,” tegas Basir.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga