Hadiri HUT Belopa ke-13, Nurdin Abdullah Janji Kembangkan Bandara Bua

19
Nurdin Abdullah saat menghadiri puncak perayaan HUT Belopa ke-13. (Ist)

SULSELSATU.com, LUWU – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menghadiri puncak perayaan HUT ke-13 Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu, di Lapangan Andi Djemma, Belopa, Rabu (13/2/2019).

Kota Belopa merupakan Ibu Kota Kabupaten Luwu sejak dimekarkan pada tahun 2005. Peringatan ini juga menjadi upacara peringatan terakhir bagi Andi Mudzakkar sebagai bupati, yang telah memimpin selama 10 tahun. Masa jabatannya berakhir 14 Februari besok, dan akan digantikan oleh Basming Mattayang.

Nurdin Abdullah menyampaikan selamat hari jadi untuk Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu. Dan menyampaikan terima kasih atas pengabdian dari Cakka selama 10 tahun sebagai bupati.

Ia menyebutkan, Luwu dan daerah Luwu Raya dikaruniai dengan kekayaan alam luar biasa dan memiliki sejarah yang panjang. Di hari jadi ini, ia menyampaikan tantangan dan pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan secara bersama-sama.

“Kita menghadapi lagi tahun politik, tentu kita berharap menyikapi dengan baik. Kita hidup di era digital, tentu kita jangan menelan bulat-bulat informasi yang muncul di medsos, ujaran kebencian dan sebagainya,” ujar Nurdin.

Sementara untuk tugas-tugas yang ada, misalnya di sektor pertanian, perikanan dan infrastruktur, Sulsel sendiri merencanakan membangun akses jalan aman dan cepat. Mulai tahun 2020, membangun jalan tol nasional.

“Sulsel membutuhkan akses jalan yang nyaman, aman dan cepat. Kami 2020 akan memulai program jalan tol nasional. Pak Presiden saya bawa dari Palopo ke Toraja. Bertanya, jarak Palopo ke Makassar berapa kilometer. Saya jawab bisa ditempuh sembilan jam,” sebutnya.

Pembangunan rumah sakit regional juga tahun ini akan dibangun di Luwu Raya, yang berada di Kota Palopo. Bandara Lagaligo di Bua akan dikembangkan menjadi bandara hub di timur.

“Rutenya tidak hanya Makassar pulang pergi, tetapi menghubungkan berbagai provinsi di timur. Ini akan menumbuhkan pariwisata kita,” ujarnya.

Luwu Raya, menurut dia, sebagai penghasil cokelat ketiga terbesar dunia. Luwu Raya juga sebagai lumbung gabah, namun masih membeli beras di Sidrap. Sehingga, kemudian Bulog akan bangun rice processing, rencananya dibangun dua unit.

Bupati Luwu, Andi Mudazakkar menyampaikan, hari jadi ini merupakan cerminan jati diri untuk membawa eksistensi daerah ke arah lebih baik.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga