Polres Jeneponto Ungkap Penipuan Calo CPNS dan TNI

126

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Polres Jeneponto berhasil membongkar penipuan calo Pengawai Negeri Sipil (PNS) dan lolos menjadi anggota TNI. Pelaku Abdullah Bin Sirua (50) ditangkap oleh Tim Pegasus Sat Reskrim di rumahnya di Jl. Ali Gassing, Kelurahan Pabiringan, Kecamatan Binamu, Jeneponto.

Plt Kasubag Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul kepada sulselsatu.com, Rabu (13/2/2019) mengatakan Abdullah yang berprofesi sebagai wiraswasta ini ditangkap berdasarkan laporan terkait tindak pidana penipuan dengan modus menjanjikan orang untuk menjadi PNS dan calon anggota TNI.

Sementara korban dimintai uang sebesar Rp. 230 juta untuk lolos menjadi Bintara TNI dan Rp 180 juta untuk mendapat SK PNS.

“Pelaku mendatangi korban untuk pengurusan masuk calon bintara TNI dan membayar uang secara bertahap sekitar Rp 230 juta. Pelaku juga mendatangi korban lainnya untuk seleksi masuk CPNS dan meminta uang sebesar Rp81 juta,”ujar Syahrul.

Syahrul mengatakan penangkapan terhadap terduga pelaku berkat informasi yang menyebutkan terduga pelaku sedang berada di Kampungnya.

“Selanjutnya tim bergerak dan dibantu oleh tim monitoring Center Polda Sulsel dan melakukan pengejaran di jalan raya di Kampung Tanjong Ala, dimana pelaku menggunakan mobil Avanza dan berhasil dicegat,” kata Syahrul.

Penulis : Dedi
Editro: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga