Biang Kerok Kemacetan di Poros Maros-Makassar, PK5 Musimam Ditertibkan

28
Pedagang musiman di poros Makassar-Maros ditertibkan karena dianggap jadi biang kemacetan. (Sulselsatu/IST/Indra Sadli Pratama)

SULSELSATU.com, Maros – Disinyalir menjadi biang kerok kemacetan dijalan poros Makassar – Maros, para pedagang kaki lima (PK5) ditertibkan oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Maros.

Para pedagang kaki lima yang berjualan buah dipinggir jalan poros menjadi sasaran penertiban oleh aparat. Hal itu dilakukan lantaran para pedagang buah musiman ini diduga biang kemacetan yang terjadi hampir setiap hari.

Kepala Seksi (Kasi) PPNS Jumriah, mengatakan bahwa penertiban ini dilakukan karena pedagang musiman menjual dipinggir jalan dan hampir menutup separuh badan jalan.

“Kita tertibkan karena berjualan ditrotoar sampai kebadan jalan. Tentunya ini mengganggu arus lalulintas, pejalan kaki dan kenyamanan masyarakat,” katanya saat ditemui Kamis (14/2/2019).

Penertiban ini juga dilakukan petugas atas dasar penegakan peraturan daerah (perda) nomor 6 tahun 2015 Kabupaten Maros, tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya saat ini belum terlalu mengambil langkah tegas dalam penertiban. Ia lebih kepada sosialisasi dan pembubuhan tandatangan kesepakatan untuk tidak berjualan dipinggir jalan.

“Untuk penertiban hari ini kami tidak melakukan pembongkaran jualan para Pedagang kaki lima ini. untuk sementara kami melakukan peringatan dengan memberikan surat pernyataan untuk tidak menjual dibahu jalan . Namun jika peringatan itu tidak indahkan maka kami akan tertibkan dengan melakukan pembongkaran secara paksa,” tutupnya.

Penulis : Indra Sadli Pratama
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga