Lantik Dua Bupati, Nurdin Abdullah Minta Potensi Daerah Dikembangkan

38

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melantik dua pasang bupati yakni Bupati Wajo dan Wakilnya, Amran Mahmud-Amran, serta Bupati Luwu dan Wkilnya Basmin Mattayang-Syukur Bijak, Jumat (15/2/2019).

Dalam kesempatan itu, Nurdin Abdullah meminta kedua pasang bupati baru Wajo dan Luwu ini untuk memperhatikan perkembangan komoditas unggulan yang masing-masing dimiliki daerahnya. Apalagi, kedua daerah tersebut terkenal dengan komoditas unggulan yang dimilikinya yakni kakao. 

“Kita telah menyandang predikat sebagai skala satu nasional untuk penghasil kakao. Selama ini, kakao menjadi primadona, bahkan Sulsel salah satu penghasil kakao di dunia,” ujar Nurdin.

Ia menganggap komoditas unggulan yang dimiliki Wajo dan Luwu sebagai pintu gerbang kawasan timur Indonesia untuk pembangunan industri kakao.

Namun, pengadaan benih kakao menjadi salah satu tantangan yang dimiliki kedua daerah tersebut. Sehingga, pihaknya telah mengusulkan Luwu Utara sebagai sentra benih kakao. Agar pemerintah pusat lebih memprioritaskan komoditas unggulan tersebut. 

“Salah satu persoalan yang kita hadapi adalah soal benih. Saya kira ke depan kita akan mengusulkan ke Menteri Pertanian untuk menjadikan Sulawesi Selatan sebagai pusat benih coklat dan tentu kita akan menempatkan Luwu Utara ini salah satu sentra produksi coklat,” jelas Nurdin Abdullah. 

Selain itu, Nurdin Abdullah juga menekankan biji kopi sebagai komoditas unggulan di Sulsel. Menurutnya, kebutuhan dunia akan kopi semakin meningkat namun produktivitas di Sulsel semakin menurun. 

“Untuk itu, mari kita bersama-sama mengembalikan kejayaan komoditas Sulawesi Selatan,” pungkasnya.

Penulis : Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

NasDem Perkuat Posisi sebagai Parpol Papan Atas

SULSELSATU.com, JAKARTA - Partai NasDem semakin memperkuat posisinya sebagai...

SAR dan RMS Dapat Amunisi dari Bang Ogi Community

SULSELSATU.com, SIDRAP - Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Sulawesi...

Canangkan Zona Integritas, Kejari Parepare Komitmen WBK dan WBBM

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare telah mencanangkan...

Baca Juga