Barcelona Perpanjang Kontrak Valverde

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. (INT)

SULSELSATU.com – Pelatih Ernesto Valverde resmi memperpanjang kontrak di Barcelona. Pelatih 55 tahun itu bakal menangani skuat Blaugrana hingga 2021.

Juara bertahan La Liga Spanyol itu mendatangkan Valverde pada Juli 2017 dengan kontrak berdurasi tiga tahun. Pada saat itu Valverde menggantikan Luis Enrique yang sudah tiga musim bersama Barcelona.

“Barcelona dan pelatih tim utama telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang satu musim kontrak (2019/2010), ditambah opsi (2020/2021) yang menyatukan kedua pihak,” demikian Barcelona dikutip Sport.

Perpanjangan kontrak ini merupakan realisasi dari keinginan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu. Penandatangan perpanjangan kontrak Valverde dengan Barcelona berlangsung pada Jumat pukul 11.00 waktu setempat. Konferensi pers mengenai perpanjangan kontrak Valverde akan digelar pukul 17.00.

Dalam dua musim terakhir bersama Barcelona Valverde sukses mempersembahkan tiga trofi tim asal Catalonia itu. Di musim pertamanya pelatih kelahiran Viandar de la Vera membawa Barcelona menjuarai La Liga 2017/2018 dan Copa del Rey di musim yang sama.

Di musim ini Piala Super Spanyol juga diraih Barcelona usai mengalahkan Sevilla 2-1. Barcelona berpeluang mempertahankan gelar juara La Liga apabila bisa menjaga konsistensi permainan.

Sebelumnya banyak pihak memprediksi Valverde akan meninggalkan Barcelona pada akhir musim. Isu itu muncul setelah Valverde meragukan masa depannya untuk musim depan meski masih menyisakan kontrak satu musim.

Di sepanjang kariernya menjadi pelatih Barcelona, Valverde tampil dalam 96 pertandingan catatan 65 kemenangan, 22 kali imbang, dan sembilan kekalahan. 

Editor: Awang Darmawan