Agar Menyakinkan, Penipu Ini Pakai Nama Perempuan di Facebook

19

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Unit Cyber Crime Polda Sulsel berhasil mengungkap penipuan via media sosial Facebook dengan modus menawarkan sejumlah barang jualan. Pelakunya adalah warga Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, bernama Abdul Malik (28).

Dalam menjalankan aksinya Malik membuat beberapa akun Facebook dengan identitas yang beragam. Namun semuanya menggunakan nama perempuan. Ia juga tak segan-segan mengkloning akun milik orang lain, salah satunya adalah Bripda Ayu Putri yang bertugas di Jawa.

“Dia sudah melakukan kejahatan ini selama 7 bulan, tapi nama (akunnya) perempuan semua. Ada Ayu, Pia, Putri, tidak ada yang namanya Iqbal atau Hasan atau siapa,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Dicky Sondani, Sabtu (16/2/2019).

Dicky mengatakan, pelaku mengakui bahwa menggunakan akun perempuan dalam menjalankan aksinya. Digunakannya akun yang berprofesi sebagai Polwan tentu punya nilai lebih dan agar mudah memperdaya korbannya.

“Saya tanyakan kenapa melakukan ini, dia bilang, kalau pakai foto Polwan orang akan lebih mudah percaya,” ujarnya.

Di Facebook, Malik rata-rata menawarkan kendaraan roda dua dan empat. Dalam tujuh bulan beraksi, dia diketahui telah berhasil menerima dana Rp 16 juta. Dua unit motor yang ditawarkan melalui pun tak pernah ada.

Diberitakan sebelumnya, Abdul Malik dijerat Pasal 51 UU nomor 19 tahun 2016 tentang ITE ancaman 12 tahun penjara dan denda Rp2 miliar.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga