Kemendikbud Puji Cara Adnan Kembangkan Pendidikan di Gowa

40

SULSELSATU.com, GOWA – Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi, mengapresiasi komitmen Pemkab Gowa yang fokus dalam pengembangan sektor pendidikan.

Menurutnya, langkah dari Pemkab Gowa ini patut dibanggakan dan jadi contoh bagi daerah lainnya. Karena, tidak banyak bupati yang punya visi seperti ini.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi dengan inovasi pendidikan di Gowa. Komitmen dari Pak Bupati Gowa juga sangat luar biasa yang mengharapkan generasi Gowa bisa menyebar ke seluruh Indonesia untuk membangun Indonesia,” ujarnya, dalam acara Gebyar Pendidikan Kemendikbud di Gedung D’Bollo, Sabtu (16/2/2019). 

Didik juga menilai, seluruh aparat yang ada di Kabupaten Gowa sudah menyadari betul bahwa membangun pendidikan memang suatu investasi jangka panjang. 

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, sejumlah program inovasi pendidikan telah dilakukan yakni didirikannya Sanggar Pendidikan Anak Saleh (SPAS) yang sekarang berganti nama menjadi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD, kini sudah tersebar di 167 desa/kelurahan di 18 kecamatan, Gowa. 

“Gowa juga kabupaten pertama yang jalankan pendidikan gratis di Sulsel dan menjadi percontohan di Sulsel. Dan satu-satunya di Indonesia. Selain itu, Gowa memiliki Satuan Polisi Pendidikan (Satpol Pendidikan) yang bertugas menjemput guru yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi sekolah,” jelas Adnan. 

Adnan menyebutkan Gowa juga memiliki program ‘Dari Gowa untuk Indonesia’, di mana pemkab membiayai sekolah/kuliah anak-anak yang berprestasi di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Terakhir, adalah program Imtaq Indonesia. 

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga