IKAPI Gandeng Kemenkum-HAM Gelar Ujian Lisan Sertifikasi Kurator

157
Suasana ujian lisan sertifikasi kurator dan pengurus IKAPI Angkata VIII di Hotel REDTOP Jakarta. (Ist)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) bekerjasama dengan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) menggelar ujian lisan sertifikasi kurator dan pengurus IKAPI angkatan VIII di Hotel REDTOP, Kamis(18/2/2019).

Ketua panitia Lenny Nadriana mengatakan bahwa IKAPI berupaya melaksanakan kegiatan ini secara serius dan profesional.

IKAPI Gandeng Kemenkum-HAM Gelar Ujian Lisan Sertifikasi Kurator

“Kegiatan Ujian Pendidikan Kurator ini kami laksanakan dengan penuh tanggung jawab dan professional agar peserta yang mengikuti ujian ini yang nantinya dinyatakan lulus oleh penguji akan menjadi tenaga curator yang handal dan professional,” ujar Lenny.

Dia juga mengatakan bahwa ujian kali ini bagian tahapan lanjutan dari ujian tertulis sebelumnya.

“Sebelumnya hasil ujian pendidikan IKAPI angkatan VIII yang dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2019 telah kami umumkan baik melalui email peserta maupun via website pertanggal 13 Februari 2019. Hasilnya sangat memuaskan dengan tingkat kelulusan hampir 100 persen, yaitu 92 orang yang lulus dan berhak untuk mengikuti ujian lisan hari ini,” katanya.

Ia mengapresiasasi kerja keras panitia yang diklaim sukses melaksanakan kegiatan ini. “Itu artinya kerja keras panitia maupun jajaran pengurus IKAPI dalam menyiapkan ujian ini dinyatakan sukses, dan saya berharap semua peserta ujian lisan pendidikan IKAPI hari ini bisa melaksanakan ujian dengan baik, lulus dengan baik, sehingga bisa bergabung dengan IKAPI ke depannya,” harapnya.

Di tempat yang sama, Sekjen IKAPI Irfan Aghasar mengatakan ujian ini diikuti 96 peserta yang terdiri dari peserta yang telah dinyatakan lulus dari uji tertulis yaitu sebanyak 92 orang dan sisanya adalah dari peserta ujian yang tidak lulus pada angkatan sebelumnya.

“Semua peserta ujian didistribusi kelima ruangan terpisah, artinya setiap ruangan berisi 19 orang peserta dengan 2 penguji di setiap ruangan, artinya setiap peserta ujian akan diuji oleh 2 orang penguji”, ujar Irfan.

Alumni FH Universitas Hasanuddin ini mengatakan bahwa penguji yang hadir pada kegiatan ini sangat kapabel dan kredibel di bidang kepailitan.

“Sedangkan penguji terdiri dari internal dan eksternal IKAPI, Komite Bersama, Dewan Sertifikasi IKAPI, dari Kementerian Hukum dan HAM, Dirjen AHU yang diwakili oleh Direktur Perdata Bapak Daulah,” sambung Irfan.

Advokat muda berharap, para peserta untuk mampu memberikan yang terbaik saat ujian. “Saya berharap peserta mampu menjawab dari seluruh pertanyaan yang diajukan oleh penguji sebab pertanyaan penguji mutlak tidak ada intervensi dalam menentuhan hasil kelulusan peserta,” pungkasnya.

Hadir sebagai tim penguji pada kegiatan ini, Direktur PKemenkumham Daulat P Silitonga, Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita, Sekjen IKAPI Irfan Aghasar, Ketua Dewan Sertifikasi Peter Kurniawan. Kemudian, Dewan Kehormatan M. Asy’ari, berserta dewan pengawas dan segenap pengurus IKAPI.

Hadir juga sebagai peserta ujian salah satu advokat yang cukup ternama asal Makassar, Muhammad Salam, Managing Partner RUDAL Law Firm dan Siking Suryadi Managing Partner ASF Law Firm yang juga mantan ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Penulis: Soepriadi
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga