Ini Amanat Kapolres Palopo dalam Upacara Hari Kesadaran Nasional

78
Kapolres Palopo, AKBP. Ardiansyah dan Wali Kota Palopo Judas Amir

SULSELSATU.com – Pemerintah Kota Palopo menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Senin (18/2/2019).

Kegiatan Upacara Bendera Hari Kesadaran Nasional merupakan upacara bendera yang rutin di peringati dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palopo setiap bulannya.

Kapolres Palopo, AKBP. Ardiansyah SIK selaku inspektur upacara menyampaikan amanatnya, upacara yang diselenggarakan setiap bulan ini janganlah dianggap sebagai formalitas belaka karena upacara dalam rangka hari Kesadaran Nasional ini memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Dengan hari kesadaran nasional setiap aparatur negara bisa menyadari dirinya sebagai pelayan masyarakat dan bisa mengembangkan semangat patriotisme kebangsaan” kata Ardiansyah.

Dengan upacara ini, kata dia, bisa memberikan kesadaran kepada seluruh aparatur negara agar dapat melaksanakan melayani masyarakat dan mengelola berbagai dinamika sosial yang ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana.

“Sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan fungsi pelayanan tersebut. Setiap aparatur negara khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Palopo harus meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari setiap peraturan” ungkapnya.

Ditambahkannya, adanya penyimpangan dalam praktek pelayanan masyarakat tidak hanya disebabkan oleh faktor kesengajaan namun sering terjadi karena adanya salah prosedur administrasi dan bedanya pemahaman terhadap peraturan.

“Oleh karena itu saya menghimbau kepada kita semua agar dapat memahami peraturan dengan baik melalui berbagai sosialisasi, bimtek dan penandatanganan fakta integritas yang telah dan akan kita lakukan”

“Paradigma ke pemerintahan saat ini menempatkan birokrasi sebagai abdi masyarakat dan abdi negara. Dengan demikian posisi aparatur negara menjadi pelayanan dan fasilitator yang baik terutama dalam upaya mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia diantaranya untuk melindungi, mencerdaskan dan gerakan dalam melayani masyarakat fenomena yang berkembang saat ini pada umumnya yakni tuntutan masyarakat terhadap sikap dan perilaku aparatur negara yang ramah, santun dan bersifat mengayomi jauh dari arogansi dan ingin menang sendiri. “

“Karena itu dengan sikap demikian akan mendekatkan hubungan emosional antara masyarakat dengan aparatur negara yang pada akhirnya akan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini sesuai makna dan implementasi dari pelaksanaan upacara bendera hari kesadaran nasional yang sedang kita laksanakan saat ini mencapai keberhasilan dalam melaksanakan tugas dilandasi niat yang tulus untuk melakukan perubahan kehidupan masyarakat yang lebih baik merupakan salah satu bentuk pengertian praktis negara terhadap bangsa dan negara.”

“Kita sedang dalam tahapan pelaksanaan pesta demokrasi yaitu pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden yang memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena untuk pertama kalinya pileg dan pilpres akan dilaksanakan secara kondisi ini akan menuntut adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetensi secara ketat untuk meraih suara terbanyak timnas. Peningkatan intensitas kegiatan politik dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan diantaranya yang cukup menjadi perhatian bagi polri adalah pemanfaatan politik indentitas penyebaran itu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan masyarakat.”

“Berbagai potensi kerawanan telah ditetapkan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan Selain itu keberhasilan polri TNI dan seluruh elemen dalam pengamanan pemilu tahun 2014, Pilkada serentak tahun 2018 menjadi salah satu referensi penting dalam mengamankan Pemilu tahun 2019.”

Polri berkomitmen bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan pemilu tahun 2019 agar dapat berjalan dengan aman damai dan sejuk demikian saya semoga Allah.

Hadir pula dalam upacara hari kesadaran Nasional yaitu Walikota Palopo, Judas Amir, Wakil WaliKota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A Latief, Ketua Tim Penggerak PKK Palopo, Utiasari Judas, Forkopimda se Kota Palopo, seluruh Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Palopo, Kabag Humas Setda Kota Palopo Eka Sukmawati, Camat, Lurah dan Pejabat lainnya, serta peserta upacara hari kesadaran nasional.

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

NasDem Perkuat Posisi sebagai Parpol Papan Atas

SULSELSATU.com, JAKARTA - Partai NasDem semakin memperkuat posisinya sebagai...

SAR dan RMS Dapat Amunisi dari Bang Ogi Community

SULSELSATU.com, SIDRAP - Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Sulawesi...

Canangkan Zona Integritas, Kejari Parepare Komitmen WBK dan WBBM

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare telah mencanangkan...

Baca Juga