Penerapan SAKIP Wilayah III Hemat Anggaran Rp6,9 Triliun

100
MenPAN-RB, Syafruddin saat menyampaikan pidato sambutan dalam acara penyerahan laporan hasil evaluasi SAKIP dan SAKIP Award wilayah III yang digelar di Hotel Four Points, Selasa (19/2/2019). (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengatakan, bahwa penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 12 pemerintah provinsi dan 174 pemerintah kabupaten/kota yang dikelompokkan dalam wilayah III berhasil menghemat anggaran sebesar Rp6,9 triliun tahun anggaran 2018.

Penghematan ini diperoleh melalui cross cutting program yang kurang sesuai, untuk kemudian dialihkan melalui refocusing program sehingga anggaran tepat sasaran.

Hal itu diungkapkannya dalam acara penyerahan laporan hasil evaluasi SAKIP dan SAKIP Award wilayah III yang digelar di Hotel Four Points, Selasa (19/2/2019).

“Tahun 2018 mengalami lonjakan perbaikan kinerja dan tata kelola pemerintahan di seluruh Indonesia. Kita bisa mengefisiensikan anggaran daerah yaitu Rp6,9 triliun di tahun 2018,” ungkap Syafruddin.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan para ASN di daerah semakin mumpuni dan efektif dalam menjalankan roda pemerintahan.

Salah hal yang menjadi indikator dalam penghematan anggaran ini adalah efisiensi kegiatan di mana program-program yang tidak sesuai dipangkas atau program yang mirip diselaraskan sehingga tersisa hanya program yang paling prioritas.

“Di situlah kunci daripada keberhasilan kita mampu mengefisiensikan pengeluaran,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

SAR dan RMS Dapat Amunisi dari Bang Ogi Community

SULSELSATU.com, SIDRAP - Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Sulawesi...

Canangkan Zona Integritas, Kejari Parepare Komitmen WBK dan WBBM

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare telah mencanangkan...

Andi Maryam Ajak Emak-Emak Pilih Caleg Perempuan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Keterwakilan kaum perempuan dalam pesta demokrasi...

Baca Juga