Dua Begal Potong Tangan Didakwa Hukuman Mati

46

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang dakwaan kasus begal potong tangan telah berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Selasa (19/2/2019). 

Dua eksekutor begal yang mengakibatkan tangan Imran selaku korban terputus, Firman alias Emmang (22) dan Aco alias Pengkong (22) didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) bersalah. 

Mereka pun didakwa pasal 365 ayat (4) KUHP dengan ancaman maksimal hukuman mati, seumur hidup hingga 20 tahun penjara. Dakwaan tersebut berbeda dengan kepolisian yang hanya menerapkan pasal 365 ayat 2.

“Pelaku membuat korban cacat seumur hidup. Sehingga dakwaan pasal 365 ayat 4 KUHP sudah memenuhi unsur,” ujar salah satu Jaksa, Rizal Djamaluddin, Selasa (19/2/2019)

Selain itu keduanya juga dikenakan pasal subsidair 365 ayat (2) ke-1, ke-3,ke-4 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. 

Dalam dakwaanya, jaksa juga menerangkan bahwa Firman terlebih dahulu meminta handphone merk Samsung J7 Prime sebelum korban Imran ditebas hingga tangan kirinya putus. 

“Imran buang handphobe karena takut diparangi kembali, terdakwa Firman mengambil hape lalu Aco mengendarai motor langsung ke Jalan Cambayya,” ujar jaksa. 

Sehari berikutnya, Aco dan Firman menjual telepon genggam rampasannya kepada seorang nelayan asal Pangkep di Pelabuhan Paotere, Irman dengan harga Rp900 ribu. Akibatnya, Irman ditangkap polisi atas tuduhan penadahan barang hasil kejahatan. 

Irman sendiri juga telah menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Makassar. Sementara satu terdakwa lainnya yang berperan penyedia fasilitas terhadap kedua begal, Fatahullah juga telah menjalani sidang dakwaan. 

Penulis: Hermawan Mappiwali 
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

NasDem Yakin Masuk Tiga Besar, 100 Kursi di DPR

SULSELSATU.com, JAKARTA - Partai NasDem kian optimistis menatap Pemilu...

Amar Ungkap Efek Prabowo-Sandi Untungkan Caleg Gerindra di Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kota...

Polres Jeneponto Gelar Apel PAM dan Simulasi Jelang Pemilu 2019

SULSELSATU.com,JENEPONTO - Polres Jeneponto menggelar apel pengamanan Pemilu 2019...

Baca Juga