Jadi Saksi Sidang Kasus Bimtek, 8 Legislator Enrekang Kompak Banyak Lupa

34

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan kasus korupsi Bimtek DPRD Enrekang kembali bergulir di Pengadilan Tipikor Makassar, Selasa (19/2/2019). 

Sebanyak delapan anggota DPRD Kabupaten Enrekang dihadirkan sebagai saksi fakta. Mereka adalah Muhammad Amin, Ismail, Bachtiar, Andi Aswad, Amiruddin, Mustaim, Ammaleha, dan Jaya Tasmidi. 

Menariknya, para anggota dewan tersebut justru kompak mengaku tidak mengetahui jumlah anggaran bimtek tahun 2015 dan 2016 itu. 

“Lupa yang mulia,” kata Muhammad Amin anggota DPR dari Partai Gerindra.

Demikian pula dengan para anggota dewan lainnya, mengaku tidak tahu alias lupa sama sekali. 

Lalu saat ditanya persoalan perubahan anggaran Bimtek, saksi Mustaim dari fraksi PKS mengakui memang ada perubahan jumlah pelaksanaan kegiatan bimtek Enrekang pada tahun 2015 dan 2016. Namun ia ragu apakah perubahan itu melalui badan perumus atau tidak.

“Kalau ada perubahan anggaran itu dibamuskan,” ujarnya dengan nada sedikit tertahan alias ragu-ragu. 

Dalam fakta sidang juga terkuak, kegiatan bimtek di Kabupaten Enrekang mengindikasikan sejumlah persoalan serius, seperti apakah kegiatan bimtek  tersebut telah disertai rekomendasi Kemendagri sebagaimana  memang diwajibkan. 

Namun, sayangnya para saksi kembali memberi jawaban yang tidak memuaskan. Bahkan saksi Amiruddin terang-terangan mengaku tidak mengetahui apakah kegiatan bimtek yang resmi harus mendapat rekomendasi dari Kemendagri. 

“Kalau ada rekomendasi dari kemendagri di awal-awal terus terang belum tahu karena baru jadi anggota DPRD tahun 2014,” ujarnya.

Seperti diketahui, BPKP Sulsel mengungkap hasil audit kegiatan Bimtek Enrekang yang menggunakan APBD itu telah merugikan negara Rp3 miliar lebih.

Penulis: Hermawan Mappiwali 
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

SAR dan RMS Dapat Amunisi dari Bang Ogi Community

SULSELSATU.com, SIDRAP - Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Sulawesi...

Canangkan Zona Integritas, Kejari Parepare Komitmen WBK dan WBBM

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare telah mencanangkan...

Andi Maryam Ajak Emak-Emak Pilih Caleg Perempuan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Keterwakilan kaum perempuan dalam pesta demokrasi...

Baca Juga