Logo Sulselsatu

Tahta Suci Vatikan Gelar KTT Skandal Pelecehan Seksual Pemuka Katolik

Asrul
Asrul

Kamis, 21 Februari 2019 15:55

Tahta Suci Vatikan Gelar KTT Skandal Pelecehan Seksual Pemuka Katolik

SULSELSATU.com, VATIKAN – Tahta Suci Vatikan menggelar konfrensi perlindungan anak, Kamis (21/2/2019) hari ini. Konfrensi ini juga akan membahas soal pelecehan seks yang dilakukan para pastor.

Di sisi lain, para korban mendesak supaya kegiatan menghasilkan keputusan yang mendasar untuk mengakhiri rantai pelecehan itu, karena mereka jengah dengan janji Pemimpin Tahta Suci Vatikan, Paus Fransiskus soal reformasi gereja Katolik dan memberikan keadilan.

Seperti dilansir CNNIndonesia dari AFP, Kamis (21/2), Paus Fransiskus, bakal menggelar acara itu selama tiga setengah hari. Dia bakal meyakinkan para uskup Katolik untuk mengatasi pedofilia dan skandal pelecehan yang menimpa Gereja Katolik.

Baca Juga : Tanpa Jemaat, Paus Fransiskus: Ini Paskah yang Sunyi di Tengah Kesedihan

Pria berusia 82 tahun itu berharap dapat meningkatkan kesadaran melalui doa, pidato, kelompok kerja dan kesaksian dari para korban. Tujuannya supaya ketika ke-114 kepala uskup kembali ke negara masing-masing memiliki pandangan jelas mengenai cara menyelesaikan kasus itu.

Sponsored by MGID

“Harapan saya adalah agar orang-orang melihat ini sebagai titik balik,” kata Kardinal Amerika Blase Cupich.

Gereja Katolik AS telah terguncang oleh salah satu krisis terburuk dalam sejarah. Penyebabnya adalah Paus Fransiskus memberhentikan seorang Kardinal AS, Theodore McCarrick, atas tuduhan pelecehan seksual terhadap seorang remaja 50 tahun yang lalu.

Baca Juga : Diduga Cium Stafnya, Kadis Koperasi Jeneponto Diamankan Polisi

“Diam tidak akan menyelesaikan masalah. Ini bukan tahap akhir, tidak ada yang bisa mengatakan demikian (tapi) kami akan mengupayakan segala kemungkinan agar orang-orang menjaga tanggung jawab, kepercayaan dan akan ada transparansi,” kata Cupich.

Paus Fransiskus juga mengakui bahwa para pastor dan uskup di gereja Katolik kerap melakukan pelecehan seksual terhadap biarawati.

Isu ini mencuat setelah satu media perempuan Vatikan melaporkan dugaan pelecehan seksual terhadap biarawati hingga membuat mereka terpaksa melakukan aborsi atau membesarkan anak-anak mereka tanpa sepengetahuan sang pastor.

Baca Juga : Rahasiakan Identitas Ribuan Pastor Predator Seks, Lima Pria AS Gugat Vatikan

Masalah itu menjadi sorotan setelah tahun lalu seorang biarawati menuduh satu uskup India berulang kali memperkosanya, memicu perbedaan pendapat yang jarang terjadi di kalangan Gereja Katolik negara itu.

Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...
Makassar27 September 2021 18:54
Siapkan Simulasi PTM, Pemkot Makassar Pastikan Kondisi Pelajar Sehat Terlebih Dulu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar tidak mau gegabah menerapkan proses pembelajaran tatap muka (PTM) bagi para pelajar di masa ...
Video27 September 2021 18:41
VIDEO: Purnawirawan Polri Terpaksa Jadi Manusia Silver Akibat Himpitan Ekonomi
SULSELSATU.com – Seorang purnawirawan Polri jadi manusia silver viral di media sosial. Purnawirawan Polri itu ditangkap oleh satpol PP di Kota S...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 September 2021 18:24
Rektor Tarik Prof Jufri Kembali ke UNM, BKD Sulsel: Kami Boleh Mengatakan Tidak
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sulsel Imran Jauzi angkat bicara Perihal surat Penarikan kembali Prof M...