Makassar Ajukan Cetak Cepat E-KTP

Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 62 kabupaten/kota telah mendaftar untuk program pencetakan E-KTP massal dengan sistem cetak cepat di kantor Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri).

Program cetak cepat E-KTP nasional sendiri hanya diperuntukkan bagi daerah yang tidak mampu menuntaskan pencetakan E-KTP hingga 28 Februari 2019. Makassar pun termasuk salah satu kabupaten/kota yang mendaftar lantaran merasa tidak mampu menyelesaikan pencetakan E-KTP hingga batas waktu yang ditentukan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady.

“Kota Makassar salah satu dari kabupaten/kota yang bersiap untuk masuk dalam program nasional cetak cepat KTP elektronik (E-KTP),” jelasnya kepada awak media saat ditemui di Hotel D’Maleo, Senin, (25/2/2019).

Aryati menjelaskan bahwa berdasarkan data perekaman yang sudah masuk dalam Print Ready Record (PRR) tahun 2017 – 2018, setidaknya masih ada 28 ribu warga Makassar yang belum melakukan perekaman E-KTP sehingga data mereka akan diikutkan dalam program cetak cepat nasional tersebut. 

“Tidak mungkin kami bisa menyelesaikan ini dalam waktu dekat karena kita dikasih target sampai dengan 28 Februari. Tapi dengan kondisi infrastruktur kita tidak memadai, maka kita segera masuk di program nasional cetak cepat KTP elektronik dan itu dilakukan kerjasama Dukcapil dan PNRI (Percetakan Negara Republik Indonesia),” tambahnya.

Aryati mengaku dirinya akan melakukan konsolidasi dengan pihak Ditjen Dukcapil Kemendagari sekaligus menandatangani kontrak untuk jadwal pencetakan.

“Kerangkanya sudah dimasukkan, besok (26/2/2019) saya konsolidasi dengan pihak Dukcapil dan langsung tanda tangan kontrak untuk terjadwal masuk dalam jadwal yang akan dicetak,” katanya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan