Logo Sulselsatu

Forum Penjaminan Mutu PTKIN dan UIN Alauddin Gelar Lokakarya

Asrul
Asrul

Rabu, 27 Februari 2019 10:07

Forum Penjaminan Mutu PTKIN dan UIN Alauddin Gelar Lokakarya

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) bekerjasama dengan UIN Alauddin Makassar menggelar lokakarya dengan mengangkat tema PTKIN maju bersama menuju perguruan tinggi unggul.

Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu UIN Alauddin Makassar, Isriany Ismail mengatakan, pada kegiatan ini, disajikan Materi Penyusunan Laporan Kinerja PT (LKPT) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) PT sesuai dengan instrumen APT 3,0 yang dibawakan oleh Tim Penyusun Instrumen Dr Adam Pamudji Rahardjo dari Universitas Gajahmada dan materi Pendampingan Penyusunan Standar mutu lengkap dengan IKU, IKT oleh Dr Indrianty Sudirman, dari Universitas Hasanuddin.

“Adapula sesi dimana peserta secara berkelompok menyusun Standar mutu lengkap dengan IKU, IKT dan juga jenis Monitoring dan evaluasi yang mengikutinya serta metode implementasinya”, ujar Isriany Ismail, Rabu (27/2/2019).

Baca Juga : VIDEO: Konsultasi Tugas Akhir, Mahasiwa di UIN Alauddin Dimintai Tanaman Hias

Dalam kegiatan ini, diikuti Sebanyak 52 PTKIN dan enam PTKIS dengan total peserta mencapai 190 orang. Pada lokakarya ini juga dilaksanakan Penyusunan Standar Mutu mengacu kepada pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan menetapkan IKU dan IKT yang mengacu pada Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) BAN-PT 3.0 dengan 9 kriteria.

Sponsored by MGID

Forum Penjaminan Mutu ini adalah Kelompok Pengelola Lembaga Penjaminan Mutu dan Pusat Penjaminan Mutu yang beranggotakan seluruh Pengelola penjaminan Mutu PTKIN. Forum ini dibentuk dengan tujuan untuk bersama mengupayakan mutu pendidikan tinggi pada PT masing-masing.

Sebagai pelaksana, Isriany Ismail berharap, melalui kegiatan ini, seluruh PT memiliki dokumen untuk pelaksanaan SPMI terutama dokumen standar mutu dengan indikatornya serta dokumen untuk pengukuran pencapaiannya. Menurutnya, dokumen tersebut juga dapat dijadikan acuan program tahunan PT menuju PT Unggul.

Baca Juga : Rektor Lantik PNS Lingkup UIN Alauddin Makassar

Selain penyajian materi, kegiatan ini juga menjadi ajang rapat Forum untuk menghasilkan Agenda Tahun 2019 yang juga arahnya adalah peningatan Mutu PT.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...