Logo Sulselsatu

WhatsApp Bakal Rilis Filter Undangan Grup

Asrul
Asrul

Rabu, 27 Februari 2019 16:57

Ilustrasi. (INT)
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com – WhatsApp dikabarkan bakal melengkapi platform pesan instannya dengan fitur yang membuat pengguna bisa memfilter undangan untuk masuk ke grup. Fitur ini disebut tengah diuji.

Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa memilih siapa yang bisa mengundangnya untuk masuk ke grup layanan pesan instan itu. WhatsApp akan memberikan tiga pilihan, semua orang, kontak saya, dan tidak siapapun.

Fitur yang disebut sebagai Sistem Undangan Grup ini, nantinya akan diletakan di pilihan privasi, yang dapat diakses melalui menu ‘pengaturan’, ‘akun’, dan kemudian ‘privasi’.

Baca Juga : Tenaga Kesehatan Dapat Daftar Vaksin Covid-19 Via Whatsapp

Jika pengguna memilih semua orang, maka pengguna akan otomatis masuk ke grup yang diundang oleh siapa saja.

Sponsored by MGID

Namun, pilihan ‘kontak saya’, maka hanya mereka yang ada di daftar kontak pengguna saja yang bisa memberikan undangan masuk grup. Undangan dari mereka yang ada diluar kontak pemilik akun akan diterima lewat pesan pribadi.

Sementara, pilihan terakhir, adalah ‘Tidak Siapapun’. Pilihan ini, membuat pengguna tak akan bisa masuk ke grup secara otomatis. Undangan untuk masuk ke grup baik dari orang dalam kontak, atau orang di luar kontak, akan dikirim melalui pesan pribadi. Pemilik akun memiliki kebebasan untuk menerima atau menolak undangan tersebut.

Baca Juga : Tegas! Pengguna WhatsApp Tak Bisa Kirim Pesan Bila Tolak Aturan Baru

Undangan yang dikirimkan oleh admin grup bisa akan berlaku selama 72 jam. Lewat dari tenggat waktu, maka undangan akan kadaluarsa. Pengguna juga tidak bisa diundang ke grup yang sama oleh dua orang dalam satu waktu yang bersamaan. Akan tetapi link grup akan tetap dapat digunakan jika pengguna sendiri memiliki inisiatif untuk bergabung dengan grup, seperti dilaporkan Indian Express.

Pembaruan ini akan hadir untuk versi aplikasi 2.19.55. Saat ini, fitur tersebut masih dalam tahap pengujian beta. Untuk mereka yang baru menginstal aplikasi, maka pilihan ini akan muncul otomatis saat aplikasi selesai dipasang.

Ini adalah bagian dari upaya WhatsApp untuk meningkatkan perlindungan privasi bagi pengguna mereka. Sebab, tak jarang pengguna mengeluhkan mereka tiba-tiba masuk grup tertentu dari kontak yang tidak mereka kenal. Keluhan lain adalah pengguna ingin bisa bebas memasukan akun pengguna lain dalam suatu grup, tanpa seizin pemilik akun.

Baca Juga : WhatsApp Bakal Luncurkan 138 Emoji Baru di Android

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo, yang tergabung dalam program beta WhatsApp. Fitur ini diyakini akan muncul untuk dua tipe aplikasi, yaitu Whatsapp Messenger, serta Whatsapp Business. Fitur ini juga dipercaya bakal meluncur untuk WhatsApp di iOS dan Android.

Sayangnya, belum ada keterangan kapan fitur ini akan dirilis secara resmi. Hingga saat ini, Whatsapp masih mengimprovisasi fitur ini, agar berjalan dengan lancar, tanpa adanya gangguan.

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama18 September 2021 01:08
Dispora Sulsel Teken Kontrak dengan PT Artefak Arkindo Terkait Pengawasan Pembangunan Stadion Mattoanging
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) belum lama ini melakukan penandatanganan kontrak dengan PT...
Video18 September 2021 00:27
VIDEO: Perjuangan Guru Honorer Penderita Stroke Ikut Seleksi PPPK, Digendong Masuk Ruangan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan perjuangan guru honorer penderita stroke mengikuti ujian PPPK 2021 yang sudah dimulai sejak Senin (...
Video17 September 2021 22:46
VIDEO: Moge Ducati 1.200 CC Terbakar saat Touring di Wisata Gunung Bromo
SULSELSATU.com – Salah satu motor gede (moge) terbakar di Jalur Wisata Gunung Bromo. Dalam video tampak rombongan touring moge menuju Wisata Gun...
Sponsored by MGID
Makassar17 September 2021 20:05
Sosialisasi Assesment Clinic HOTS, UNM Target Peningkatan IKU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sosialisasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam rangka Revitalisasi...