Logo Sulselsatu

Pencanangan Zona Integritas di PN, Bupati Lutra: Untuk Menguatkan Komitmen

Asrul
Asrul

Rabu, 06 Maret 2019 15:47

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani

SULSELSATU.com, MASAMBA – Pengadilan Negeri (PN) Masamba, Kabupaten Luwu Utara menggelar pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di kantor PN Masamba, Rabu (06/03/2019).

“Pencanangan ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen Mahkamah Agung khususnya Pengadilan Negeri dalam meningkatkan Integritas terutama bagi para masyarakat pencari keadilan,” kata Kepala PN Masamba, Wahyudi Said.

Wahyudi melanjutkan salah satu masalah yang sering muncul adalah kurangnya minat investor masuk ke daerah dikarenakan sistem hukum perdata yang terlalu berbelit-belit. Maka dari itu Mahkamah Agung (MA) telah mengeluarkan Peraturan MA No 2 Tahun 2015 tentang gugatan sederhana yang mempersingkat rentang waktu gugatan tingkat I menjadi hanya 25 hari kerja saja.

Baca Juga : Pesawat Perintis Penumpang Terbang Lebih Cepat di 2020, IDP Apresiasi Kemenhub

MA juga mengeluarkan peraturan Mahkamah Agung No 12 Tahun 2016 tentang tilang, dimana sebelumnya proses penanganan tilang yang dilakukan di PN bisa memakan waktu 2-3 jam. Dengan peraturan yang ada sekarang, denda tilang keluar setiap Jumat jam 8 pagi, dengan proses hanya sekitar 15 menit saja.

Sponsored by MGID

“Dengan adanya peraturan tersebut menunjukkan komitmen kita untuk meningkatkan pelayanan kepada para pencari keadilan khususnya yang ada di luwu utara. Maka dari itu kami mengharapkan bantuan dari semua stakeholder dalam menjamin mutu tersebut,” lanjut wahyudi.

Semetara itu Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengataka kegiatan ini sudah ketiga kali di Luwu Utara. Sebelumnya diselenggarakan Pengadilan Agama dan Kejaksaan Negeri.

Baca Juga : 32 Kepala OPD di Lutra Teken Perjanjian Kinerja di Hadapan Bupati

“Pencanangan ini ada untuk menguatkan komitmen kita semua selaku aparat negara dalam rangka menghadirkan Pengadilan Negeri sebagai zona yang bebas korupsi, dan birokrasi yang bersih,” ujar Indah.

Indah juga menambahkan bahwa bukan karena ada masalah maka pencanangan dilakukan, tetapi untuk mengantisipasi sebelum masalah muncul.

“Yakin diteguhkan komitmen PN sebagai wilayah bebas korupsi dan menghadirkan pelayanan yang lebih cepat, murah, dan efektif sehingga mengahdirkan keyakinan pada masyarakat dan layanan bagi para pencari keadilan semakin baik kedepannya,” tambah Indah.

Baca Juga : Warga Luwu Utara Bisa Ajukan Proposal Kegiatan Lewat e-Prolutra

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM oleh ketua Pengadilan Negeri Masamba Wahyudi Said, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Kapolres Luwu Utara AKBP Boy FS Samola, Ketua Kejaksaan Luwu Utara yang diwakili oleh Aby Maulana, Ketua Pengadilan Agama Masamba Noer Aini, Kepala Rutan Masamba Efendi Wahyudi, Perwakilan BPN Luwu Utara, Pimpinan cabang BRI Masamba Wahyu Adityo, dan Direktur LBH Posbakum Lamaranginang Sulfikar. (*)

Editor: Azis Kuba

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik22 Oktober 2021 23:49
Aliyah Mustika Diharap Dapat Mendorong Kunjungan Wisatawan ke Selayar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Selayar. Sela...
Adventorial22 Oktober 2021 22:39
Hari Santri Nasional, Erna Rasyid Taufan: Momentum Perkuat Identitas Kota dengan Generasi Qurani
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menyampaikan selamat Hari Santri Nasional tahun 2021 yan...
Olahraga22 Oktober 2021 21:14
Bawa Nama Indonesia, Mario Surya Aji Siap Tampilkan Performa Terbaik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Membawa nama Indonesia, Mario Suryo Aji dalan ajang Grand Prix Moto3 di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia...
Sponsored by MGID
Makassar22 Oktober 2021 20:22
Yayasan Hadji Kalla Teken MoU Pembinaan Disabilitas dengan STMIK Handayani
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Yayasan Hadji Kalla bersama STMIK Handayani Makassar melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dalam progr...