Dinkes Parepare Nonaktifkan Ribuan Jaminan Kesehatan, Ini Alasannya

38
Sekkot Parepare Iwan Asaad. (Ist)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Iwan Asaad mengungkapkan alasan di balik usulan dinonaktifkannya ribuan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan di Kota Parepare.

Ia mengatakan, alasan usulan tersebut lantaran ditemukan data ganda, berdasarkan hasil validasi dan verifikasi. Baik melalui Dinas Kesehatan maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Parepare.  

“Iya, sebanyak 1.799 nama Peserta Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan diusul dinonaktifkan. Alasannya karena ditemukan indikasi data kepesertaan ganda, juga terdapat ratusan PBI yang sudah meninggal dunia,” bebernya.

Selain faktor tersebut, pengusulan penonaktifan penerima bantuan iuran yang dibayarkan melalui APBD Pemkot Parepare ini, lantaran sejumlah nama dalam data tersebut tidak lagi berstatus sebagai warga Parepare.

“Jadi 1.799 dimaksud, ada yang bukan lagi kategori warga Parepare. Tidak mungkin APBD Parepare melalui PBI APBD dinikmati oleh orang yang bukan warga Parepare lagi,” katanya.

Dari data tersebut lanjut Iwan, 300 di antaranya telah meninggal dunia. 

Penulis: Andi Fardi
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga