Mesin TPE Diluncurkan, Daeng Parkir Dapat Tugas Baru

61
Salah satu mesin TPE yang berada di Jalan Kartini. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Juru parkir (jukir) di Kota Makassar yang berganti nama jadi Daeng Parkir kini mendapatkan tugas tambahan pasca-diluncurkannya mesin Terminal Parkir Elektronik (TPE).

Jika biasanya tukang parkir hanya menjaga kendaraan dan mengarahkan pengendara saat memarkir, nantinya, Daeng Parkir, khususnya yang berada di tiga titik pemasangan mesin TPE yakni di Jalan Somba Opu, Jalan Penghibur dan Jalan Kartini, harus membantu pengendara yang hendak menggunakan mesin TPE.

“Tugas tambahan Daeng Parkir adalah dia harus tahu mengoperasikan mesin ini. Pelatihannya pasti ada. Saya sejak tadi masih takut cara pakainya tapi nanti mereka yang akan menunjukkan,” kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto usai launching penggunaan mesin TPE di Jalan Kartini, Senin (11/3/2019).

Maka dari itu, Pemkot Makassar pun bakal memberikan jaminan BPJS dan gaji bulanan kepada para Daeng Parkir.

“TPE tidak menggeser tukang parkir. Tukang parkir dikasih BPJS dan dikasih gaji bulanan. Insya Allah pasti di atas UMR. Makanya saya menantang kalau tukang parkir mau digusur,” ujarnya.

Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Satriani Ulfiah Mungkasa, menjelaskan lebih jauh bahwa Daeng Parkir bisa membantu masyarakat tentang bagaimana cara menggunakan mesin TPE.

“Kalau masyarakat datang parkir dan tidak punya kartu parkir, bisa minta bantuan sama Daeng Parkir. Bayar tunai dulu ke Daeng Parkir, nanti kartu Daeng Parkir yang ditap ke mesinnya,” kata Satriani.

Meski begitu, ia mengaku bahwa nantinya sistem bayar tunai kepada Daeng Parkir tidak lagi diperkenankan. Sebab sistem pembayaran digital harus segera diterapkan.

“Tapi itu akan segera tidak ada lagi sistem bayar tunai ke Daeng Parkir. Setiap orang yang mau bayar parkir harus pakai e-toll. Kita mau sosialisasikan tidak ada lagi pembayaran tunai. Harus non-cash,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

7 Kuliner Khas yang Wajib Anda Cicipi di Singapura

SULSELSATU.com - Makanan khas Asia memiliki cita rasa yang...

Andi Sose Tutup Usia, Appi: Sulsel Kehilangan Putra Terbaik

SULSELSATU.com, MAKASSAR - CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin turut...

Mantan Pejuang Angkatan 45 Sulsel, Andi Sose Tutup Usia

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sulawesi Selatan berduka. Salah satu tokoh...

Baca Juga