Seleksi CPNS Dibuka Tahun Ini, Siapkan 85.536 Kuota Prioritas Guru dan Kesehatan

55
Ribuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjalani tes SKD yang menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test) di Gedung RRI, Jalan Riburane, Makassar, Jumat (26/10/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dipastikan kembali dibuka tahun ini. Ada 85.536 kuota yang disiapkan pemerintah.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerain Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, meski begitu jumlah kebutuhan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini, tidak hanya dipenuhi melalui proses seleksi CPNS. Namun, juga melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Adapun jumlah kebutuhan PPPK itu di 2019, adalah sebanyak 168.637 orang. Karenanya, total kebutuhan ASN pada 2019, akan sebanyak 254.173 orang, di mana 51.293 orang telah direkrut setelah berhasil melalui proses seleksi PPPK di triwulan I 2019.

“Kurang lebih total formasi saat ini untuk 2019, termasuk yang sudah selesai direkrut dari lulusan kebutuhan PPPK di triwulan I, ada 254 ribu lebih orang,” kata Setiawan, di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa (12/3/2019).

Adapun kebutuhan prioritas pada tahun ini, kata Setiawan, difokuskan untuk sektor tenaga pendidikan dan kesehatan. Sebab, pensiunan ASN di 2019 yang tercatat sebanyak 157.386 orang, masih didominasi oleh pensiunan dari kedua sektor tersebut.

“Kami prioritaskan untuk dua tenaga, yaitu pendidikan dan kesehatan. Itu pertahunnya bisa 100 ribuan paling tinggi di antara yang lain,” papar dia.

Kendati demikian, Setiawan menegaskan, perekrutan ASN nantinya tidak lagi akan merekrut untuk jabatan-jabatan adminsitratif yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 38 persen dari total keseluruhan ASN.

“Kita tidak akan lagi mengadakan jabatan-jabatan tertentu seperti adminsitratif, tetapi kita akan merekrut yang basisnya computerize. Itu strategi yang sudah kita lancarkan sejak 2014,” ungkap dia.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

NasDem Yakin Masuk Tiga Besar, 100 Kursi di DPR

SULSELSATU.com, JAKARTA - Partai NasDem kian optimistis menatap Pemilu...

Amar Ungkap Efek Prabowo-Sandi Untungkan Caleg Gerindra di Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kota...

Polres Jeneponto Gelar Apel PAM dan Simulasi Jelang Pemilu 2019

SULSELSATU.com,JENEPONTO - Polres Jeneponto menggelar apel pengamanan Pemilu 2019...

Baca Juga