Pemprov Sulsel Siapkan Anggaran Rp113 M untuk THR PNS

100
Bank Indonesia, Lebaran 2017, Bulan Ramadan 2017
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulawesi Selatan melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPPKD) menyiapkan dana sebesar Rp113 miliar untuk membayar tunjangan hari raya (THR) pegawai negeri sipil. Rencananya, THR ini akan dicairkan lebih awal pada Mei mendatang atau sebelum Ramadan.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Darah (BPPKD) Provinsi Sulsel, Arwin Azis.

“Sudah kita siapkan Rp113 miliar. Hitungan ini sesuai usulan masing-masing SKPD,” kata Arwin Azis, Selasa (12/03/2019)

Hanya saja, sejumlah daerah belum bisa melakukannya lantaran tidak ada petunjuk teknis (juknis) dari pusat sebagai langkah lanjutan Pemda untuk melakukan pencairan.

“Belum ada juknis turun, sehingga kita masih mencairkan anggaran THR seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Arwin mengaku hal ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kementerian Keuangan RI untuk mempercepat pencairan tunjangan yang tercantum melalui surat Direktorat Jenderal Pembendaharaan, Nomor: S-78/PB/2019 tanggal 27 Januari 2019, pencairan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) dilakukan lebih cepat dari tahun sebelumnya, yakni Mei 2019 mendatang.

Menurut Erwin, sengaja pihaknya lebih awal menyiapkan alokasi anggaran itu untuk pembayaran THR atau gaji ke 14 PNS. Bahkan, BPKD Provinsi Sulsel pun sudah menyiapkan untuk gaji ke-13 atau Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) dengan jumlah yang hampir sama, yakni Rp113.029.868.768.

Pengalokasian anggaran THR ini berasal dari APBD 2019 melalui Dana Alokasi Umum.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga