Disdik Sinjai Mulai Susun Soal USBN dan US Tingkat Sekolah Dasar

24
Penyusunan dan perakitan ujian USBN dan US oleh Disdik Sinjai. (Ist)

SULSELSATU.com, SINJAI – Dinas Pendidikan Sinjai kini tengah menyusun soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Sekolah (US) untuk tingkat SD dan MI.

Kasi Pendidikan Dasar Pembinaan Kesiswaan Dinas Pendidikan Sinjai, Jumaedi Salam mengatakan, penyusunan naskah ujian untuk SD/MI ini sudah berlangsung sejak Selasa (12/3/) kemarin.

Jumaedi menjelaskan, penyusunan dan perakitan soal ujian tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu naskah ujian yang dirakit di kabupaten hanya soal USBN, namun tahun ini naskah US juga menjadi kewenangan kabupaten.

“Dalam penyusunan dan perakitan soal ujian USBN dan US tahun ini melibatkan 55 tenaga guru, semuanya berasal dari unsur KKG dan tenaga tutor dari perwakilan setiap kecamatan yang memiliki kompetensi yang unggul dibidangnya masing-masing,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Suryanto Asapa mengatakan, bahwa penyusunan soal ujian yang dilakukan di tingkat kabupaten ini merupakan hasil kesepakatan bersama dari seluruh jajaran Disdik.

“Sedangkan tahun lalu POS USBN dilakukan di sekolah, sekarang kita lakukan di kabupaten. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan serta terbangunnya rasa kebersamaan,” ujar Suryanto.

“Mudah-mudahan dengan cara ini kualitas pendidikan kita di Sinjai semakin meningkat dan terbangun sinergitas serta kebersamaan di seluruh jajaran Diskes Sinjai,” harapnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya

 

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga