Hari Kebudayaan dan Bulan Budaya Kota Makassar Dimeriahkan 6 Agenda Menarik

72
Rapat persiapan pelaksanaan pencanangan Hari Kebudayaan dan Bulan Budaya Kota Makassar di ruang rapat Sipakatau Balaikota Makassar, Kamis, (14/3/2019). (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemkot Makassar telah menetapkan 1 April sebagai Hari Kebudayaan Kota Makassar dan April sebagai Bulan Budaya Kota Makassar.

Untuk itu, Pemkot Makassar melalui Dinas Kebudayaan telah merencanakan berbagai kegiatan menarik. Setidaknya ada 6 rangkaian acara yang akan digelar sejak tanggal 1 hingga 27 April 2018.

Serangkaian kegiatan tersebut meliputi seremoni Hari Kebudayaan Kota Makassar, parade budaya 1000 penari, pertunjukan seni dan budaya, forum group discussion, malam festival seni budaya, hingga festival kuliner tradisional.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar mengatakan bahwa rangkaian kegiatan tersebut selain untuk memeriahkan Hari Kebudayaan dan Bulan Budaya, juga untuk menghangatkan suasana politik, khususnya di Makassar.

“Jadi, satu bulan itu (Bulan Budaya), apalagi ini ada momentum politik. Jadi, ada jadwal-jadwal sementara yang tentatif tetapi tetap ada koordinasi dengan penyelenggara pemilu, tanggal berapa yang bisa kami laksanakan,” ucapnya saat ditemui di Balaikota Makassar, Kamis (14/3/2019).

Di tempat yang sama, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, sangat mengapresiasi hal ini. Dia menyebut hal ini sangat penting karena unsur budaya nyaris tidak pernah ditampilkan di era Revolusi Industri 4.0, bahkan cenderung menggantikan kebudayaan.

“Saya takutnya budaya kita akan ditinggalkan. Dengan Hari Kebudayaan dan Bulan Budaya ini, bagi saya penanaman lebih pada bagaimana anak-anak kita mengenal betul tentang budaya kita. Budaya itu bukan hanya pakaian, nyanyian, makanan, tapi budaya adalah seluruh kehidupan,” kata wali kota yang akrab disapa Danny ini.

Adapun rangkaian kegiatan yang rencananya akan digelar selama Hari Kebudayaan dan Bulan Budaya Kota Makassar sebagai berikut.

Seremoni Hari Kebudayaan Kota Makassar berupa prosesi upacara pemerintahan dan adat pada tanggal 1 April 2019 pukul 07.00 WITA di Benteng Rotterdam.

Parade budaya 1000 penari berupa parade kebudayaan etnis nusantara, parade pataka kerajaan, dan parade permainan rakyat pada tanggal 1 April 2019 pukul 15.30 WITA di Jalan Penghibur hingga Jalan Somba Opu.

Pertunjukan seni dan budaya berupa dance at the museum pada tanggal 4, 6, 11, 18, 30 April 2019 pukul 16.00 WITA di Museum Kota Makassar.

Forum group discussion berupa ethnic activities atau aktivitas etnik pada tanggal 4, 6, 11, 18, 20 April 2019 di Museum Kota Makassar.

Malam festival seni budaya berupa maestro menari, theatre of Makassar dan Makassar Ma’lipa’ pada tanggal 6 April 2019 pukul 19.30 WITA di Anjungan Pantai Losari dan tanggal 27 April 2019 pukul 19.30 WITA di Benteng Rotterdam.

Festival kuliner tradisional pada tanggal 13 April 2019 di Museum Kota Makassar dan tanggal 27 April 2019 di Benteng Rotterdam.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

PT Indonesia Power UJP PLTU Barru Gelar Doa Bersama dan Santunan Anak Yatim

SULSELSATU.com, BARRU - PT Indonesia Power UJP PLTU Barru...

Deng Ical Apresiasi Festival Kachak 2019

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal...

NasDem Yakin Masuk Tiga Besar, 100 Kursi di DPR

SULSELSATU.com, JAKARTA - Partai NasDem kian optimistis menatap Pemilu...

Baca Juga