Pengamanan Lemah, Pemprov Akui Aset Tanah Rawan Lepas

19
Pj Sekprov Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo. (Sulselsatu/Asrul)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel di bawah pendampingan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berupaya melakukan penertiban aset milik daerah yang menjadi kewenangannya.

Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Ashari F Radjamilo mengatakan, hal yang paling krusial dalam penertiban aset saat ini adalah pengamanan aset berupa tanah.  

Pasalnya, status kepemilikannya rawan lepas dari pemda karena kesalahan administrasi atau tidak sesuai dengan prosedur, sehingga bisa diklaim oleh pihak lain.

“Hingga saat ini masih ada beberapa aset bermasalah yang belum dapat terselesaikan,” kata Ashari pada rapat tindak lanjut penyelesaian permasalahan aset Provinsi Sulsel tahun 2019, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (13/3/2019).

Olehnya itu, kata dia, dengan rapat tindak lanjut yang merupakan bagian dari upaya penertiban aset daerah untuk menyelesaikan permasalahan melalui identifikasi dengan melibatkan seluruh unsur-unsur terkait ini, ia berharap ke depan tidak ditemukan lagi adanya permasalahan yang sama.

“Kita berharap permasalahan ini tidak berlanjut ke generasi selanjutnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Unit Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan KPK, Dewi Aprilia Nurlinda menyebut, setidaknya ada 41 aset Pemprov Sulsel yang bermasalah.

“Ada 41 aset yang bermasalah, hari Rabu kita akan panggil pihak-pihak terkait. Kita akan bahas itu dengan lebih subtansif kepolisian dan kejaksaan,” kata Dewi.

Meski tidak menyebutkan secara rinci 41 aset yang dimaksud, Dewi mengatakan, masalah tersebut didominasi permasalahan tumpang tindih antara satu pemerintah daerah (pemda) satu dengan pemda lain atau dobel pencatatan dan dikuasai pihak ketiga.

“Ada yang tumpang tindih dengan pemda lain dan pihak ketiga. 41 itu kami akan selesaikan dan kita bahas di hari Rabu nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan, sejauh ini pihaknya menilai Pemprov Sulsel sudah punya niat besar untuk menyelesaikan permasalahan aset tersebut.

“Pemprov sudah punya niatan besar sekali untuk menyelesaikan aset. Sebelumnya kan tidak pernah sampai ke sini,” ucapnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

VIDEO: Kapal Feri di Irak Tenggelam, 100 Tewas

SULSELSATU.com - Setidaknya 100 orang tewas setelah kapal feri...

Pemda Pinrang Berangkatkan Umroh Peraih Medali Emas Asian Games 2018

SULSELSATU.com, PINRANG - Pemeritah Kabupaten Pinrang berangkatkan umroh kepada...

PT Indonesia Power UJP PLTU Barru Gelar Doa Bersama dan Santunan Anak Yatim

SULSELSATU.com, BARRU - PT Indonesia Power UJP PLTU Barru...

Baca Juga