Dua Sukhoi Turunkan Paksa Pesawat Asing di Lanud Sultan Hasanuddin

307
Latihan Sriti Gesit 2019 di Lanud Sultan Hasanuddin Kamis, (14/3/2019). (Sulselsatu/Indra Sadli Pratama).

SULSELSATU.com, MAROS – Lanud Sultan Hasanuddin gelar latihan Sriti Gesit 2019 di Lanud Sultan Hasanuddi, Kamis (14/3/2019).

Kegiatan ini dipimpin langsung Komandan Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Pnb Hermawan Widianto dengan melibatkan 650 personel di antaranya Skadron Udara 11, Skadron Udara 5, Wing II Paskhas, Batalyon Komando 466 Paskhas, Detasemen Hanud 472 Paskhas, Satpomau, Unsur Hanlan, Rumah Sakit serta Intelpam Lanud Sultan Hasanuddin maupun pihak Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Hermawan mengatakan, kegiatan itu untuk meningkatkan, memelihara dan menguji kemampuan prajurit dalam mengantisipasi serangan udara.

“Sesuai dengan Securiy Operation Center (SOC) Kosekhanudnas II kali ini mendeteksi adanya pesawat asing yang melanggar di kedaulatan wilayah udara Indonesia di area Sulawesi Selatan,” kata Hermawan.

Dari hasil identifikasi ternyata pesawat asing tersebut tidak memiliki izin terbang melintas di wilayah udara Indonesia, sehingga Kosekhanudnas II memerintahkan pesawat tempur Sukhoi untuk memaksa mendarat (force down) pesawat asing tersebut di Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

“Pesawat tempur Sukhoi yang terdiri dari dua pesawat tempur dengan persenjataan rudal dari udara ke udara diutus untuk mengawal dan mengambil alih pesawat tersebut dan melaksanakan penangkapan hingga selesai,” pungkasnya.

Penulis: Indra Sadli Pratama
Editor: Hendra Wijaya

 

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga