Polres Maros Amankan Penyandang Disabilitas Modus Penggandaan Uang

54
Kapolres Maros AKBP Yohanes bersama Kasatres Polres Maros Richard Andrians Iptu Deny Eko. (Sulselsatu/Indra Sadli Pratama)

SULSELSATU.com, MAROS – Polres Maros menangkap seorang penyandang disabilitas bernama Ian alis Ome (42) atas laporan dugaan penipuan.

Pelaku mengaku sebagai dukun alias paranormal yang bisa berhubungan langsung makhluk gaib.

“Kepada korbannya, pelaku menjelaskan terdapat uang sebanyak Rp500 miliar dari makhluk gaib yang akan dibagikan, namun syaratnya harus melakukan pendaftaran sebesar Rp2,3 juta per orang, itu menurut keterangan pelaku ya,” kata Kapolres Maros AKBP Richard Yohanes, Jumat (15/3/2019).

Kepada korbannya, pelaku menjelaskan bahwa uang pendaftaran sebesar Rp2,3 juta tersebut akan mendapatkan uang pencairan dari makhluk gaib sebesar Rp1,3 miliar.

Atas perbuatan pelaku, sejumlah korban berhasil diperdaya. Bahkan salah satu korban rela menjual rumahnya hanya untuk mendapatkan pencairan uang Rp500 miliar tersebut.

Para korban baru sadar diperdayai oleh pelaku saat menjual habis rumahnya dan melaporkan hal tersebut kepada Polres Maros. Sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan dari pelaku yakni, kertas jimat berwarna berisi berbagai jenis tulisan dan satu badik.

Sementara itu, Ian membantah jika dirinya bisa mencairkan uang Rp500 miliar, namun ia mengaku memang bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti stroke dan penyakit gula.

“Saya tidak bilang bisa cairkan uang Rp500 miliar, tapi saya bisa mengetahui adanya penyakit pada seseorang hanya dengan melemparkan rokok dan korek kayu pada tubuh orang tersebut,” ucap Omet.

Penulis: Indra Sadli Pratama
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

VIDEO: Kapal Feri di Irak Tenggelam, 100 Tewas

SULSELSATU.com - Setidaknya 100 orang tewas setelah kapal feri...

Pemda Pinrang Berangkatkan Umroh Peraih Medali Emas Asian Games 2018

SULSELSATU.com, PINRANG - Pemeritah Kabupaten Pinrang berangkatkan umroh kepada...

PT Indonesia Power UJP PLTU Barru Gelar Doa Bersama dan Santunan Anak Yatim

SULSELSATU.com, BARRU - PT Indonesia Power UJP PLTU Barru...

Baca Juga