Pengumuman Hasil Seleksi P3K Tahap I Ditunda, Danny Sebut Terkendala Format APBD

41
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto juga menilai bahwa penggajian yang dibebankan pada APBD memang menjadi kendala rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap I.

“Memang kendalanya itu kan pada format kita merubah APBD. Perubahan itu kan hanya ada pada September. Jadi, berapa kebutuhannya kita juga belum tahu. Berapa uang disiapkan kita juga belum tahu,” kata Danny, Jumat (15/3/2019).

Menurut Danny, sistem penggajian P3K yang dibebankan pada APBD ini nantinya akan menjadi belanja tidak langsung. Dengan demikian, hal ini akan menjadi beban.

“Tapi P3K kita butuhkan. Seberapa besar kekuatan kita membayar, kita juga belum tahu. Itu masalahnya. Sehingga saya kira berapapun yang dibutuhkan P3K mestinya harus menjadi bagian yang harus dibiayai. Suka atau tidak suka. Kalau memang negara memerintahkan seperti itu, apa boleh buat,” pungkasnya.

Diketahui, hasil seleksi kompetensi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) 2019 tahap I yang seyogyanya diumumkan pada 1 Maret lalu rupanya ditunda. Bahkan, pengumuman ini telah dua kali ditunda, yakni pada 12 Maret lalu.

Sistem penggajian yang dibebankan pada APBD pun menjadi alasan tersendiri. Hal ini lantaran baru 30 persen daerah yang menyampaikan usulan ulang formasi P3K 2019 tahap I yang disesuaikan dengan kemampuan APBD.

Dengan demikian, pengumuman seleksi P3K 2019 tahap I untuk tenaga honorer eks K2 guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian belum dapat dilakukan. Hal ini sebagaimana instruksi berdasarkan surat SesmenPAN-RB Nomor B/281.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Pemda Pinrang Berangkatkan Umroh Peraih Medali Emas Asian Games 2018

SULSELSATU.com, PINRANG - Pemeritah Kabupaten Pinrang berangkatkan umroh kepada...

PT Indonesia Power UJP PLTU Barru Gelar Doa Bersama dan Santunan Anak Yatim

SULSELSATU.com, BARRU - PT Indonesia Power UJP PLTU Barru...

Deng Ical Apresiasi Festival Kachak 2019

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal...

Baca Juga