BPPT Dukung Pembangunan LRT di Sulsel

28
Light Rail Transit atau LRT. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Deputi Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Wahyu Widodo Pandoe mendukung pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Sulsel. Hanya saja, ia mengingatkan bahwa proyek itu butuh waktu lama.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah berencana membangun LRT di Sulsel. LRT ini rencananya ingin dibangun di wilayah selatan Sulsel.

Menurut Wahyu, hal itu harus dimulai dari tahapan feasibility study, pembebasan lahan, engineering design dan basic design.

Wahyu berharap tahap feasibility study proyek tersebut bisa dimulai tahun depan. Selain itu, ia juga memperkirakan, butuh sekitar dua tahun ke depan untuk bisa rampung.

“Feasibility study mudah-mudahan dimulai tahun depan. Tapi mulai tahun ini kita sudah mulai koordinasi dengan Kemenhub, Pemprov, stakeholders, dan PT INKA terkait kesiapan mereka untuk bisa menyiapkan kereta api di sini,” katanya, Sabtu (16/3/2019).

Dalam pertemuannya dengan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Wahyu menambahkan, setidaknya terdapat dua konsep LRT yang ditawarkan. Pertama konsep kereta perkotaan, dan kereta api jarak jauh. 

“Kami tentukan, tergantung lahan. Monorel berapa penumpang. Apakah perlu di atas (rel kereta layang), kecepatannya berapa, beban penumpang berapa. Setelah feasibility study, akan ditentukan yang cocok MRT atau LRT,” pungkasnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga