Pemprov Sulsel Ingin Bangun LRT

37

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel berencana membangun moda transportasi Light Rail Transit (LRT). Keinginan itu disampaikan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah usai menerima kunjungan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (15/3/2019).

Menurutnya, rencana pembangunan LRT ini akan membidik rute wilayah Selatan. Karena rute tersebut dianggap memungkinkan, lantaran sebelumnya sudah pernah dibangun jalur kereta di sana.

“Dulu memang ada rute kereta zaman Belanda ke Selatan, dan inilah yang mau dijajaki oleh BPPT. Jalur ini lahannya lebih mudah, tidak perlu dilakukan penimbunan dan lain sebagainya,” kata Nurdin.

Hanya saja, sebelum membangun, Pemprov Sulsel meminta BPPT membantu melakukan kajian lebih dulu. Termasuk soal gerbong dan rel dari Hokkaido, Jepang.

“Jadi tidak langsung dibangun, tapi harus dikaji. Jangan sampai tidak ada orang di atas (penumpang), akhirnya kita subsidi. Lalu, ada gerbong dan rel dari Hokkaido, dia akan kaji. Apa cocok untuk kondisi tanah kita,” lanjut Nurdin.

Ia bahkan mengaku sangat optimis, bisa mewujudkan proyek LRT itu. Proyek tersebut diklaim sejalan dengan program Kementerian Perhubungan.

“Program Kemenhub sekarang menjadikan Sulsel sebagai salah satu pusat pengembangan kereta api,” ujar Nurdin.

Karenanya, Pemprov Sulsel bersama BPPT akan membangun kantor bersama, yang akan diisi beberapa tim, termasuk salah satunya tim kereta api.

“Kita fokus rancangannya dulu, baru cari uangnya (investor),” tandas Nurdin.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga