Siapkan Ratusan Miliar, Proyek RS Regional di 3 Daerah Segera Dilelang

32
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, dr Bachtiar Baso. (Sulselsatu/Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan proses lelang tender proyek Rumah Sakit (RS) regional yang akan dibangun di Bone, Palopo dan Parepare.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bachtiar mengatakan, tahap pertama pihaknya akan melakukan proses lelang pada RS Regional yang ada di Bone akhir Maret ini, namun apabila proses pembebasan lahan oleh Pemda Bone telah selesai dilakukan.

“Sekarang tinggal menunggu pembayaran pembebasan lahan saja. Jadi kalau pembebasan lahan sudah dibayar, kita segera akan melakukan lelang,” jelas Bachtiar, Senin (18/3/2019).

Untuk masalah anggran, Bachtiar mengaku pihaknya sudah menyiapkan dana APBD Pokok sebanyak Rp70 miliar setiap RS. Hanya saja berbeda untuk RS Regional Parepare, yakni sebesar Rp75 miliar dalam bentuk hibah.

“Semua anggarannya telah disiapkan, di Parepare itu anggaran dalam bentuk hibah langsung dari pemerintah provinsi, kemudian untuk Bone kita sudah siapkan anggara kurang lebih Rp 70 miliar dan anggaran itu sudah siap,” bebernya.

Dia mengatakan RS yang terletak di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone ini nantinya akan difasilitasi dengan alat kesehatan yang memadai.

Rencananya daerah ini nantinya bisa mem-backup beberapa kabupaten sekitar.

Sementara untuk RS Regional Palopo, kata dia, rencananya akan berdiri di lahan Jalan Imam Bonjol, Kota Palopo, tepatnya di lahan milik Dinas Bina Marga Pemprov Sulsel.

“Saya kira tidak ada halangan untuk pembebasan lahan di sana, jadi kita bisa langsung lelang. Anggarannya sama Rp70 miliar,” paparnya.

Sementara RS Regional Parepare, dalam hal ini RS Habibi Ainun, pemprov hanya menyerahkan dana Rp75 miliar dalam bentuk hibah.

Untuk kontruksi, Bachtiar mengaku akan melakukan dua tahap, dengan total estimasi anggaran sebesar Rp140 miliar per RS. Sehingga masih tersisa Rp72 miliar untuk tahap dua.

“Itu baru fisik, konstruksinya berharap semua rampung hingga 2020. Kita juga berharap ke Pemerintah Pusat untuk kebutuhan dana Alat Kesehatan,” ujarnya.

Penulis : Jahir Majid
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga