iklan Kareba Parlementa

PKK Sulsel Sosialisasi Stunting dan Pengurangan Sampah Plastik di Selayar

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, SELAYAR – Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi Stunting dan Pengurangan Sampah Plastik di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Selayar, Senin (18 Maret 2019).

Ketua TP PKK Sulsel Liestaty F. Nurdin yang hadir didampingi Ketua TP PKK Selayar, Andi Dwiyanti Musyrifah Basli.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten Pemerintahan Setda, Suardi, para Kepala OPD Sulsel, Wakil Ketua TP PKK Selayar, Ketua Bayangkari, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Adhyaksa Dharma Karini, Ketua DWP, para Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Kepulauan Selayar, para Ketua PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan.

Hadir pula pemateri sosialisasi yakni Astuti Made Amin, Dr. Nurul, dan Dr. dr. Sitti Haeriah Bohari.

Dwiyanti dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaannnya atas pelaksanaan sosialisasi stunting dan pengurangan sampah plastik tersebut.

“Mudah-mudahan melalui sosialisasi ini semakin meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita terhadap pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari yang pada akhirnya dapat menhindarkan diri kita dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh penggunaan berbagai bahan plastik,” ujar Dwiyanti.

Sementara Liestiaty dalam arahannya mengatakan bahwa merujuk apa yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi bahwa persoalan Stanting sangat urgen sehingga diharapkan kepada TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan untuk menyampaikan kepada masyarakat.

Menurutnya stunting adalah pertumbuhan yang tidak normal atau gagal tumbuh pada anak yang diakibatkan salah pola makan salah satu contoh kebiasaan makan mie instan atau minuman-minuman yang mengandung pemanis dan pewarna buatan.

“Anak-anak yang mengalami stunting seperti ukuran badan pendek, mengganggu perkembangan otak, mengganggu kecerdasan, akan tetapi tidak semua yang ukurannya pendek stunting ada juga pendek akibat faktor genetika. Agar supaya anak-anak kita tidak stunting maka anak-anak kita selalu di beri makanan-makanan bergizi, selalu diberi makan sayur, makan ikan banyak, minum susu agar pertumbuhan anak-anak kita menjadi tinggi, cerdas dan sehat.”

“Menyosialisasikan pengurangan sampah plastik ini penting, terkhusus bagi ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya banyak menggunakan wadah yang terbuat dari plastik sekali pakai. Tentunya akibat aktivitas rumah tangga ini akan menimbulka masalah yakni sampah plastik. Menurut para peneliti mengungkapkan bahwa plastik sangat susah terurai oleh tanah, butuh waktu ratusan tahun sampah plastik agar dapat terurai oleh tanah,” jelas Liestiaty.

Liestiaty juga menyampaikan bahwa air mineral yang dikemas dalam kemasan plastik seperti air gelas/botol belum tentu dijamin kebersihan, air mineral berkemasan gelas ataupun botol sudah mengandung mikro plastik dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Dia mengatakan mikro plastik yang terkandung dalam air mineral berkemasan plastik dapat mengakibatkan penyakit kanker.

“Untuk mengatasi hal tersebut maka diharapkan kepada Kader-kader PKK se-Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mengkampanyekan mengurangi penggunaan wadah berbahan plastik sekali pakai akan tetapi menggunakan wadah yang bisa dipakai berulang-ulang dan ramah lingkungan seperti kresek yang telah dibagikan merupakan wadah Bioplastik Polymers dan tempat air plastik tetapi digunakan berulang-ulang.”

Diakhir arahannya Liestiaty berharap kepada PKK Selayar untuk aktif dalam kegiatan tanpa melupakan keluarga dan anak-anak dirumah. “Jangan sampai terlalu sibuk dengan kegiatan di PKK sementara anak-anak dirumah terkena stunting. ” (*)

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Habis Nonton Film Porno, Seorang Ayah di Medan Tega Setubuhi Anak Kandung

SULSELSATU.com - Seorang pria di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara tega setubuhi anak kandungnya. Dalam video terlihat pelaku berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan. Pelaku...

Gempa di Sulbar, Wali Kota Parepare Intruksikan Jajarannya Salurkan Bantuan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, prihatin atas gempa berkekuatan 6,2sr yang terjadi di Sulawesi Barat. Dimana mengakibatkan berbagai fasilitas pemerintahan...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Kepanikan Warga Saat Gempa 6,2 Magnitudo di Majene Sulbar

  SULSELSATU.com - Gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat membuat kepanikan dan kerusakan di Wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) , Jumat (15/1/2021) pukul 01.28 WITA. Sejumlah rumah...

Kabar Buruk! Pemkot Makassar Bakal Rumahkan Tenaga Honorer

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sebanyak 200 pegawai Pemerintah Kota Makassar yang berstatus tenaga kontrak atau honorer disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan di rumahkan. Hal...

Artikel Lainnya

Tekuk Tuan Rumah, Tenis Meja Takalar Kembali Sumbang Emas

SULSELSATU.com, TAKALAR - Pasangan ganda putra cabang olaharaga (cabor) Tenis Meja...

Pesan Bupati Jeneponto di Hardiknas 2019

SULSELSTAU.com, JENEPONTO - Pemerintah Kabupaten Jeneponto menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional...

Romahurmuziy Ditangkap KPK dalam OTT di Surabaya

SULSELSATU.com - Ketua Umum PPP Romahurmuziy ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan...

Ternyata Hanya IN yang Cabuli Anak Korban Gempa Palu

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Seorang anak korban bencana alam Palu, Sulteng dilaporkan...

NA Ajak Umat Kristiani Doakan Korban Tsunami Selat Sunda

SULSELSATU.com, MAKASSAR -- Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah hadir di Perayaan...

Terkini

VIDEO: Mobil Pembawa Bantuan Logistik di Sulbar Dihadang Warga

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan mobil pengangkut bahan bantuan korban bencana...

Duka Gempa Sulbar, Pemuda Masjid Kamara Barru Buka Posko Bantuan

SULSELSATU.com, BARRU - Pemuda Masjid Kamara Kecamatan Barru membuka posko bantuan...

Jangan Lupa Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan

SULSELSATU.com, Makassar - Sejak penghujung tahun 2020, intensitas hujan terus meningkat....

Tidak Terurus, Dewan Sebut Terminal Makassar Seperti Tempat Berhantu

SULSELSATU.com,MAKASSAR - Fasilitas dan Pelayanan dua terminal di Kota Makassar semakin...

Satgas Penanganan Covid-19 Parepare Perpanjang Batas Jam Operasi Usaha

SULSELSATU.com, PAREPARE - Surat edaran pembatasan aktivitas masyarakat dan perdagangan serta...