Kekurangan Guru PNS, Disdik Makassar Manfaatkan Guru Kontrak

37
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sektor pendidikan di Kota Makassar memang masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah tenaga pendidik atau guru. 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando, mengatakan bahwa Kota Makassar masih kekurangan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

“Secara umum Kota Makassar ini punya kekurangan guru pegawai negeri yang luar biasa banyaknya. Kami mendata sampai dengan awal Februari kita memiliki kekurangan guru sampai 492 orang,” jelas Abdul Rahman Bando, Selasa, (19/3/2019).

Rahman menyebutkan, guru berstatus PNS untuk semua mata pelajaran di tingkat SD masih kekurangan hingga 1.459 orang. Untuk menutupi kekurangan ini, pemerintah pun memperpanjang SK dari para guru berstatus tenaga kontrak yang berjumlah kurang lebih 2.000 orang.

“Inilah yang membantu sehingga proses belajar mengajar di Makassar masih bisa berjalan dengan normal. Kalau saja ini guru kontrak tidak ada, maka mungkin pendidikan, terutama di sekolah dasar, bisa lumpuh,” imbuhnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan BKD dan memohon kepada KemenpanRB agar membuka banyak formasi guru untuk Makassar.

“Karena ini tidak main-main. Kita bisa lost generasi jika guru-guru ini tidak segera dipenuhi. Karena guru kontrak ini tidak bisa menjadi andalan utama. Mereka bisa saja sewaktu-waktu berpindah atau berhenti karena mendapat pekerjaan yang jauh lebih layak dari apa yang dia dapatkan sekarang,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga